KEMENAG PONTIANAK

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA PONTIANAK, JL. ZAINUDDIN NO.4 KOTA PONTIANAK

Suasana Silaturahmi Idul Fitri di Pontianak

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ



Sejak Menteri Agama R.I, Drs.H. Lukmanul Hakim Syaifuddin mengumumkan hasil sidang isbat (16/7/2015) pukul 18.51 WIB berupa keputusan 1 Syawal 1436 H jatuh pada hari jum’at tanggal 17 Juli 2015 , sebagian besar kaum muslimin Indonesia menyambutnya dengan bahagia , salah satunya seperti yang terdengar dan terlihat di Kota Pontianak.
Dengan gegap gempita suara takbir bergema dimana-mana, seperti yang terdengar di masjid-masjid, surau, musholla, di jalan-jalan dan dirumah-rumah , mulai dari waktu ba’da mahgrib sampai dengan shalat idul fitri selesai dilaksanakan , memuji kebesaran Allah SWT atas semua karunia dan rahamatnya yang tak bertepi.
“ Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar, Laa Ilaha Illallahu Allahu Akbar, Allahu Akbar Walillahilhamd. Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar, Laa Ilaha Illallahu Allahu Akbar, Allahu Akbar Walillahilhamd. Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar, Laa Ilaha Illallahu Allahu Akbar, Allahu Akbar Walillahilhamd.
Allahu Akbar Kabira, Walhamdulillahi Katsira, Wasubhanallahi Bukrataw Wa’ashila,Laa ilaha Illallahu Wala Na’budu Illa Iyyahu, Muhlishina Lahuddin, Walaw Karihal Kafirun. Laa ilahaillahu Wahdah, Shadaqa Wa’dah, Wanashara ‘abdah, Wa’a‘aza Jundahu Wahazamal Ahzaba Wahdah, Laa ilaha Illallahu Wallahu Akbar, Allahu Akbar Walillahilhamd. 
Setelah selesai shalat id dilaksanakan, sebagian besar umat islam bersalam-salaman dan berusaha saling memaafkan satu dengan yang lain dalam rangka mencari ampunan dan keridhaan Allah SWT yang dilakukan mulai dari masjid surau, musholla sampai berkumpul dengan keluarga di rumah masing-masing.
Kemudian , dilanjutkan dengan silaturrahmi dari rumah-kerumah, baik antar keluarga, rekan kerja, kenalan maupun tetangga. Yang muda mengunjungi yang tua, yang tua berbahagia menerima kehadiran yang muda dalam rangka meminta maaf dan memberi maaf, dalam upaya memperkuat rasa kekeluargaan.
Seperti salah satu diantaranya yang terlihat dirumah H.Abdullah AM dan Hj. Djamilon , orang tua Eny Kurniati (Penyuluh Fungsional Agama Islam Kemenag Kota Pontianak) yang berlamat di jalan Apel Kompleks Pemda, Kelurahan Sui.Jawi Luar, Kecamatan Pontianak Barat, pada hari pertama idul fitri (17/07/2015) dan hari kedua , sabtu, (18/07/2015) ramai sanak keluarga yang datang bersilaturrahmi baik yang berasal dari Kota Pontianak maupun yang berasal dari Mempawah, Bakau, Sui. Rengas.
Pada hari kedua id nampak pula kehadiran Drs. H. Basri HAR, Mantan Kepala Bagian Tata Usaha Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat beserta istrinya Darmawati, dan anak menantu serta cucunya berkunjung dalam rangka silaturrahmi. Pada momen yang berbahagia ini nampak Basri HAR dan keluarganya bersalaman dan mengucapakan mohon maaf lahir batin kepada orang yang dituakan dan dihormatinya.
Pada kesempatan tersebut mantan pajabat ini menyampaikan pentingnya silaturrahmi dilakukan pada suasana hari raya ini.
Setelah beberapa saat berkomunikasi dan menikmati kue dan minuman yang telah disediakan oleh tuan rumah yang tak lain merupakan kediaman dari bibi dari istrinya maka mantan Kabag TU periode kepemimpinan Kakanwil Drs. H. Rasmi Sattar, M.Pd (2003-2010) ini dan keluarganya pun berpamitan untuk kemudian melanjutkan rencana silaturrahminya ke daerah Wajok, Kabupaten Mempawah.


http://kalbar.kemenag.go.id/index.php?a=berita&id=274804

0 Response to "Suasana Silaturahmi Idul Fitri di Pontianak"

Posting Komentar