KEMENAG PONTIANAK

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA PONTIANAK, JL. ZAINUDDIN NO.4 KOTA PONTIANAK

Tatkala Nabi Yahya AS Bertemu Iblis

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ



Dalam rangka meningkatkan pengetahuan,pemahaman dan pengamalan keislaman para pegawai, khususnya selama bulan Suci Ramadhan 1436 Hijriyah maka Kantor Kementerian Agama Kota Pontianak melalui Seksi Bimas Islam kembali mengelar kultum setiap ba’da shalat dzuhur di Surau Al-Islah yang kali ini , senin (6/7/2015), disampaikan oleh Syarif Halid,S.HI.
Mengawali tausiyahnya yang disaksikan oleh Kepala Kantor, Kasubbag T.U, Para Kasi Penyelenggara dan staf serta lainnya, Syarif Halid,S.HI, siang ini , ba’da shalat dzuhur berjama’ah , membaca Al-Qur’an Surah An-Nahl ayat ke 98. “Faidza qara’tal qur’ana fasta’idzu billahi minasysyaithonirrojimi.
Jadi, apabila membaca Al-Qur’an berlindung kepada Allah dari godaan syeitan yang terkutuk,” bacanya. Terkait dengan hal tersebut Kepala KUA Pontianak Selatan ini mengaskan agar kita selalu mohon perlindungan kepada Allah SWT. “Ini sebuah keniscayaan, membaca Al-Qur’an saja syeitan masih menggangu kita apalagi yang lain. Termasuk kerja bhakti dengan sesama pasangan kita, berlindung kepada Allah,” tegasnya.
Selanjutnya, Penghulu muda ini menyampaiakan cerita hikmah yang terjadi antara Nabiyallah Yahya Alaihi salam dengan Iblis laknatullah. Singkat cerita, iblis datang bertemu Nabiyaallah,Yahya dan meminta tolong sampaikan kepada Allah SWT bahwa iblis mau bertobat kepada Allah SWT.
Iblis malu kepada Allah SWT karena banyak dosa,ingkar karena disuruh sujud pada Nabi Adam tidak mau. Setelah berkomunikasi dan yakin dengan maksud iblis tersebut , Nabiyallah memenuhinya dengan memberikan tempo waktu kepada iblis agar nanti kembali lagi mendataginya.
Setelah tempo sekian bulan, Iblis kembali menemui Nabiyallah Yahya. Nabiyallah mengatakan sudah menyampaikan permohonan Iblis kepada Allah SWT.Tapi ada syaratnya yaitu kalau dahulu kamu tidak menghormati Nabi Adam Alahi salam, tidak sujud. Karena Adam sudah meninggal maka kamu (Iblis) harus sujud diatas kuburnya (Adam). Maka iblis kembali berang, ia tidak sudi , masih hidup saja disuruh sujud kepada Adam tidak mau apalagi sudah meninggal, dikuburan Adam.
Namun, sebagai balas budi kepada Nabiyallah Yahya, Iblis memberitahukan empat rahasia yang dilakukan untuk menghancurkan manusia. Pertama,saya berada diantara orang yang sedang marah.Orang sedang marah aku permainkan seperti bola, mulai dengan kata kasar,meningkat main tangan, senjata dan akhirnya membunuh. Yang kedua, saat manusia sedih ada aku.
Orang yang sedih ditimpa musibah kadangkala mulutnya nyeracau, seolah-olah putus asa, disaat itulah iman sedang dipermainkan oleh iblis. Yang ketiga, kesenangan yang telah memuncak ada aku disana.
Prestasi sedang tinggi,pangkat jabatan tinggi, harta berlimpah ruah, apa yang diingikan semua terpenuhi,tepuk dada, disaat itulah ada Iblis yang mendampingi mengarahkan ke jalan yang tidak diridhai Allah SWT, berfoya-foya,lupa pada Allah ,bermaksiat sehingga bukan semakin dekat kepada Allah SWT tetapi malah jauh.
Yang terakhir, kesusahan yang sangat memprihatinkan menimbulkan putus asa yang menyebabkan kekafiran, na’udzubillahi min dzalik. Jadi, empat hal itu yang disampaikan Iblis kepada Nabiyallah Yahya Alaihi Salam. Wallahu A’lam Bishawab .

http://kalbar.kemenag.go.id/index.php?a=berita&id=273612

0 Response to "Tatkala Nabi Yahya AS Bertemu Iblis"

Posting Komentar