KEMENAG PONTIANAK

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA PONTIANAK, JL. ZAINUDDIN NO.4 KOTA PONTIANAK

Pembukaan Sippa Dhamma Samajja Kota Pontianak

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ



Dalam rangka merealisasikan anggaran DIPA dan persiapan untuk Sippadhamma Kemenag Tingkat Provinsi Kalbar bulan September nanti, Kantor Kementerian Agama Kota Pontianak melalui Penyelenggara Bimas Budha melaksanakan kegiatan Seleksi Sippadhamma Samajja Tingkat Kota Pontianak Tahun 2015 mulai dari dari tanggal 28 sampai dengan 30 Agustus 2015.
Kegiatan tersebut didahului dengan acara pembukaan yang diselenggarakan oleh panitia yang diketuai Yanto,SE, (29/08/2015), di Balai Latihan Koperasi Pontianak Jl. Dr. Sutomo . Berdasarkan laporan yang disampaikan oleh ketua panitia pada acara pembukaan tersebut diketahui sedikitnya ada empat tujuan dari kegiatan ini yaitu
1.Mengali potensi pelajar Budhis dalam hal kreatifitas,
2.Memantapkan memupuk, memilihara dan mengembangkan Tri Kerukunan umat beragama khususnya kerukunan intern umat budha,
3. Memantapkan nilai-nilai keimanan atau nilai sada atas nilai-nilai darma yang diperoleh dari seleksi Sippadhama tahun 2015,
4.Menjaring peserta terbaik yang akan nanti diikutkan dalam seleksi Sippadhama Samajja Tingkat Provinsi Kalimantan Barat yang akan dilaksanakan pada tanggal 17 September 2015.
Adapun jumlah peserta yang mengikuti kegiatan 55 orang walaupun jika berdasarkan anggaran pada DIPA hanya cukup 40 orang .
Dewan juri berjumlah 10 orang yang terdiri dari 2 orang juri untuk menyanyi solo, 2 orang juri Cerita Bergambar Budhis, 2 orang juri Melafalkan Dhamapada dan 4 orang juri Cerdas Cermat.
Juri-juri tersebut adalah yang mampu dibidangnya,contoh untuk juri Dhamapada dari Vihara, juri Menyanyi Solo dari Profesional Seni.
Yanto,SE juga meyampaikan bahwa untuk sembilan belas hari kedepan Kota Pontianak harus sudah mempersiapkan 7 orang calon peserta yang akan mengikuti lima cabang lomba seleksi Sippadhama Tingkat Provinsi.
Pejabat Penyelenggara Bimas Budha Kemenag Kota Pontianak ini berharap kepada peserta yang terdiri dari unsur SD, SMP, SMA agar berpacu, berlomba dengan sehat dan penuh semangat dilandasi 4 hal yaitu cinta kasih, kasih saying, rasa simpatik, dan keseimbangan batin masing-masing peserta , mudah-mudahan mendapatkan hasil yang maksimal sehingga bisa berprestasi nanti selain di tingkat kota pontianak juga di ditingkat provinsi dan nasional.
Dalam sambutan dan pengarahannya Kasubbag Tata Usaha Kemenag Kota Pontianak H.Abdulbar,S.Ag,M.Pd mewakili Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Pontianak menyampaikan beberapa hal yaitu setiap agama itu ada acara-acara seperti ini, kalau di Islam ada STQ atau MTQ, di Nasrani ada Pasparawi dan di agama Budha ada Sippadhma Samajja.
Yang tujuannya adalah pertama untuk memupuk kebersamaan antara kita karena ada pepatah tak kenal maka tak saying, tak sayang maka tak cinta. Oleh karena itu kita mulai dari anak didik kita untuk saling mengenal. Kedua, bertujuan untuk memupuk keimanan, sekarang lagi didengungkan pendidikan karakter.
Kalau keimanan sudah tersimpan didalam hati maka dalam kehidupan bermasyarakat, beragama maka tidak akan melewati ketentuan hukum agama kita masing-masing. Saya berpesan marilah bersaing secara sportif, tunjukan kebolehan/kemampuan,kepandaian kalian mudah-mudahan bisa berprestasi di tingkat kota, provinsi, nasional yang membanggakan bagi kalian, orang tua, guru-guru, nusa dan bangsa.
Kita berharap kegiatan ini bisa mewakili kita sampai ke tingkat nasional seperti halnya prestasi kegiatan Aksioma dan Pentas PAI yang sudah diperoleh. Kita juga berharap mudah-mudahan kedepannya, kegiatan ini bisa dilaksanakan ditempat yang lebih representatif seperti di hotel tentu dengan dukungan anggaran yang diakomodir oleh provinsi dan pusat. (Gwn_Ptk).

http://kalbar.kemenag.go.id/index.php?a=berita&id=286014

0 Response to "Pembukaan Sippa Dhamma Samajja Kota Pontianak"

Posting Komentar