KEMENAG PONTIANAK

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA PONTIANAK, JL. ZAINUDDIN NO.4 KOTA PONTIANAK

9 (Sembilan) Manfaat Kandungan Buah Semangka Untuk Kesehatan Tubuh

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ



Semangka merupakan sebuah tanaman yang berbentuk merambat. Semangka masih berkerabat dengan beberapa buah seperti melon, ketimun, dan labu. Semangka dalam bahasa Inggris disebut dengan watermelon, hal itu karena bentuknya yang mirip seperti buah melon, akan tetapi semangka bedanya mengandung lebih banyak air.

Manfaat Kandungan Buah Semangka
Buah Semangka

Manfaat Kandungan Buah Semangka

Buah semangka ini berasa manis, serta memberikan efek mendinginkan, sehingga buah semangka ini sangat cocok untuk dikonsumsi pada siang hari yang dalam keadaan panas dan terik matahari menyengat, sehingga nantinya tubuh dapat menjadi segar kembali.

Menyehatkan Mata

Buah semangka juga mengandung Vitamin A sangat bermanfaat untuk menyehatkan mata, dan membuat mata menjadi lebih tajam penglihatannya. Vitamin A yang terkandung di dalam buah semangka ini sangat menyehatkan organ penglihatan mata.

Mencegah stroke dan tekanan darah tinggi

Buah semangka juga mengandung kalium, yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah. Semangka juga memiliki kandungan karetenoid yang bemanfaat untuk mencegah terjadinya pengerasan pada dinding arteri dan pembuluh vena, yang sangat berguna untuk mengurangi tekanan darah.

Mencegah asma

Kandungan Vitamin C pada buah-buahan dan sayuran, termasuk di dalamnya buah semangka memiliki manfaat untuk mencegah penyakit asma.

Mencegah sariawan

Berbagai vitamin dan kandungan air yang terkandung di dalam buah semangka bermanfaat untuk mencegah terjadinya sariawan. Penyakit sariawan ini muncul karena adanya bakteri jahat di dalam mulut, apalagi mulut dalam keadaan kering. Kandungan air pada buah semangka bermanfaat untuk mengurangi bakteri di dalam mulut.

Kesehatan jantung dan ginjal

Buah semangka mengandung likopen yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung di dalam tubuh. Buah semangka juga bermanfaat untuk memperlancar aliran urin, sehingga dengan aliran urin yang lancar sangat penting untuk menjaga kesehatan organ ginjal.

Melindungi tubuh dari sinar ultraviolet

Buah semangka mengandung air, serat, dan likopen yang bermanfaat untuk menjaga kelembapan kulit, melindungi tubuh dari sinar ultraviolet, dan menjaga kesehatan jantung.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Buah semangka mengandung vitamin C yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sehingga tubuh menjadi tidak mudah terserang penyakit, utamanya ketika kondisi cuaca yang kurang baik untuk tubuh.

Mengurangi lemak pada tubuh

Semangka kaya akan kandungan citruline yang bermanfaat untuk mengurangi lemak yang berlebih di dalam tubuh.

Memperkuat tulang

Buah semangka memiliki banyak kandungan kalium untuk mempertahankan zat kalsium di dalam tubuh, sehingga dapat memperkuat tulang dan mencegah dari penyakit osteoporosis. Dengan mengkonsumsi semangka maka sedikit banyak dapat membuat tulang dan sendi menjadi lebih kuat dan sehat.

Semoga bermanfaat.


Sumber   :  http://kesehatantubuh-tips.blogspot.com/2014/10/9-manfaat-kandungan-buah-semangka-untuk-kesehatan-tubuh.html

0 Response to "9 (Sembilan) Manfaat Kandungan Buah Semangka Untuk Kesehatan Tubuh "

Posting Komentar