KEMENAG PONTIANAK

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA PONTIANAK, JL. ZAINUDDIN NO.4 KOTA PONTIANAK

Bahaya Mengkonsumsi Minuman Bersoda

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ


Minuman bersoda? Siapa yang tidak tahu akan minuman ini? Minuman yang memang dikenal dengan kelezatannya, terutama ketika ditengah hari yang cuacanya sangat panas dan membuat tubuh berkeringat. Mungkin sudah banyak yang mengetahui akan bahaya dari minuman bersoda ini, tetapi mungkin belum banyak yang tahu tingkat bahaya dari minuman bersoda ini.

Bahaya banyak mengkonsumsi minuman bersoda

Tahukah Anda bahwa larutan di dalam minuman bersoda itu bisa menjadi pembersih lantai keramik, toilet, dan yang semacamnya, yang intinya minuman bersoda tersebut dapat dijadikan pembersih. Sangat sulit dibayangkan terhadap orang yang mengkonsumsi minuman bersoda dalam jumlah yang banyak. Hal lainnya yang memberikan bukti akan bahayanya minuman bersoda yaitu penelitian dari universitas Harvard.

Tulang Menjadi Rapuh

Peneliti dari universitas Havard tersebut mengambil kesimpulan bahwa berlebihan dalam mengkonsumsi minuman bersoda dapat menyebabkan tulang menjadi rapuh. Mereka melakukan penelitian terhadap dua orang atlet (muda), yang satu suka mengkonsumsi   minuman bersoda, dan yang satunya tidak. Dan setelah melakukan penelitian dalam jangka waktu yang lama.
Hasil penelitian menunjukan bahwa atlet yang suka (banyak) mengkonsumsi minuman bersoda tersebut mengalami cedera patah tulang lima kali lipat dari atlet yang tidak mengkonsumsi minuman bersoda. Memang minuman bersoda sangat nikmat dikonsumsi ketika cuaca sedang panas-panasnya, tetapi dengan mengetahui bahaya dari mengkonsumsi minuman bersoda dalam jumlah banyak, maka hilangkan kebiasaan banyak mengkonsumsi minuman bersoda.

Meningkatkan Resiko Serangan Jantung

Minuman bersoda mengandug kalori yang sangat berlebihan dapat menyebabkan seseorang terkena obesitas.  Orang yang terkena obesitas sangat rentan untuk terkena penyakit serangan jantung, stroke, dan penyakit berbahaya lainnya. Sebuah penelitian yang juga dilakukan oleh universitas Havard pada tahun 2012 menyatakan orang yang mengkonsumsi minuman bersoda satu kaleng dalam sehari dapat meningkatkan resiko serangan jantung hingga 20%.

Merusak memori otak

Orang yang banyak mengkonsumsi minuman bersoda dapat mengalami kerusakan pada memori otaknya. Hal ini sebagaimana pada sebuah penelitian yang dilakukan tahun 1997. Hasil penelitian tersebut adalah bahwa minuman bersoda itu mengandung (kandungan) BVO, yang merupakan singkatan sari Brominated Vegetable Oil.
Dimana zat BVO dapat digunakan sebagai bahan pengawet, dan zat BVO ini dapat merusak sistem saraf sehingga dapat merusak memori otak, dan juga menurunkan daya pikir.
Selam hal diatas, ada banyak bahaya lainnya yang ditimbulkan dari minuman bersoda, seperti dapat meningkatkan resikoasma, merusak pertumbuhan gigi, dan juga membahayakan ginjal. Dengan segala bahaya yang ditimbulkan dari minuman bersoda, maka alangkah baiknya menghilangkan kebiasaan mengkonsumsi minuman bersoda dalam jumlah banyak.
Akan lebih baik kita mengkonsumsi minuman air putih yang tentunya sangat sehat untuk tubuh. Semoga pembahasan tentang bahaya dari meminum muniman bersoda ini dapat bermanfaat.

Baca juga: Manfaat kandungan dari ikan salmon
http://kesehatantubuh-tips.blogspot.com/2013/09/bahaya-mengkonsumsi-minuman-bersoda.html 

0 Response to "Bahaya Mengkonsumsi Minuman Bersoda "

Posting Komentar