KEMENAG PONTIANAK

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA PONTIANAK, JL. ZAINUDDIN NO.4 KOTA PONTIANAK

MENJADI SEBAIK-BAIK MADRASAH

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ



Bismillaah...

Seorang penyair Arab mengatakan, “Al Ummu Madrosatul Ula, Idzaa A’dadtaha A’dadta Sya’ban Khoirul ‘Irq” (Seorang ibu adalah sekolah pertama bagi anaknya. Jika engkau persiapkan ia dengan baik, maka sama halnya engkau persiapkan bangsa berakar kebaikan)

Masya Allah betapa luar biasanya peran ibu bagi anak-anaknya !!

Saya jadi teringat cerita sorang teman. Teman saya itu menceritakan tentang seorang anak kecil yang sudah hafidz dan sekarang tengah bersama-sama umminya menghafal hadist. Masyaa Allah hati saya tergetar ketika mendengarkan rekaman saat anak kecil itu menalar hadist bahkan hingga nomor hadistnya ia hafal.

Sungguh luar biasa !

Dan saya percaya dibalik anak cerdas dan membanggakan itu ada sosok luar biasa pula yang menjadikannya bisa seperti demikian. Siapa itu? tiada lain adalah orangtuanya, terutama ibunya.

Ya, saya benar-benar kagum terhadap para ibu yang berhasil mencetak anak-anaknya menjadi seorang penghafal qur’an dan hadist.

Disaat orangtua lain lebih bangga anaknya hafal lagu-lagu

Disaat orangtua lain lebih suka memberikan anaknya gadget dibanding Al-qur’an

Disaat orangtua lain lebih bangga saat anaknya ikut berbagai les ke duniawian

Disaat orangtua lain lebih mementingkan ilmu dunia dibandingkan ilmu agama yang tak hanya untuk akhiratnya saja melainkan untuk dunia juga.

Saya ingin menjadi seperti mereka. Bisa menjadi sebaik-baiknya madrasah.

Siapa yang tak ingin menjadi madrasah terbaik bagi anaknya? Tentu semua wanita mendambakan hal itu bukan?

Dapat menjadi seorang ibu yang dapat menghantarkan anak-anaknya pada jalan yang diridhoi-Nya. Menjadi seorang istri yang dapat membantu membangun madrasah pertama terbaik di rumah.

Tapi apakah untuk bisa seperti itu hanya butuh keinginan saja? Tentu Tidak !!

Semuanya butuh proses. Semuanya butuh tekad yang kuat dan yang pasti persiapkan dulu ilmunya sedari dini, bahkan jauh-jauh hari sebelum kita mnjadi seorang ibu, bahkan menjadi seorang istri.

Ingin menjadi madrasah terbaik? Kuncinya ada 2 :

1.Pantaskan diri, persiapkan diri untuk menjadi sebaik-baiknya ibu.

Mengapa harus memantaskan diri? jelas itu karena jika kita tidak siap menjadi seorang ibu, apa yang akan bisa kita berikan untuk anak-anak kita kelak?

Jika kita ingin anak kita menjadi penghafal qur’an, masa ibunya sendiri tidak hafal satu pun surat Al-qur’an dan masih males-malesan baca Al-qur’an?

Jika kita ingin anak kita menjadi penghafal hadist, masa ibunya sendiri tidak hafal satu pun hadist?

Jika kita ingin anak kita pandai dalam ilmu agama, masa ibunya sendiri masih malas-malasan datang ke majelis ilmu?

Jika kita ingin anak perempuan kita kelak berpakaian syar’i, masa ibunya sendiri masih berpakaian a’alakadarnya’ dan sesukanya?

Yuk menjadi contoh terbaik dan teladan bagi anak-anak kita kelak. Karena seorang anak itu selalu mengikuti kebiasaan orangtua terutama ibunya :)

2.Cari “Kepala Madrasah” yang baik

Kepala madrasah? Yups, itu amat penting.

Kita seringkali mendengar pepatah : “Dibalik lelaki hebat ada istri yang hebat”. Nah begitupun dengan kita yaa akhawat. Dibalik kesuksesan seorang perempuan mendidik anak-anaknya, ada peran suami selaku kepala rumah tangga dan nahkoda kapal kita.

So, kalau ingin menciptakan madrasah yang kece ya harus cari calon Kepala Sekolah terbaik juga dong. Caranya? Ya dengan terus memperbaiki diri kita dan memantaskan diri agar bisa jadi guru madrasah yang dapat mendukung Kepala Sekolah dalam menciptakan madrasah terbaik.

Yuk persiapkan diri, persiapkan ilmu, perbanyak amal dan senantiasa memohon pada Allah agar diberikan pasangan dan keturunan yang baik. Agar sebuah pernikahan yang kita jalani kelak tak hanya menghantarkan kita pada kebahagiaan dunia saja, melainkan dapat mnjadi jalan kita menuju surgaNya bersama-sama :)

https://rositadewiha.wordpress.com



SUMBER : Google+   . Muslimah Perindu Surga.  https://plus.google.com/117989578701129336403/posts


0 Response to "MENJADI SEBAIK-BAIK MADRASAH"

Posting Komentar