KEMENAG PONTIANAK

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA PONTIANAK, JL. ZAINUDDIN NO.4 KOTA PONTIANAK

PAKAIAN TAQWA BAGI MUSLIMAH DAN ATURANNYA

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

 


Bismillaah....

Sebelum kita membahas tentang apa itu pakaian taqwa, mari kita simak dalil-dalil di bawah ini ya dear…

Beberapa ayat Al-Qur’an tentang perintah berjilbab (menutup aurat) adalah sbb:

QS. Al-A’raf: 26, “Hai anak Adam, sesungguhnya Kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutup auratmu dan pakaian indah untuk perhiasan. Dan pakaian taqwa itulah yang paling baik. Yang demikian itu adalah sebagian dari tanda-tanda kekuasaan Allah, mudah-mudahan mereka selalu ingat.”

QS. AL-Ahzab: 33, “Dan hendaklah engkau tetap di rumahmu dan janganlah berhias serta bertingkah laku seperti orang-orang jahiliyah dulu.”

QS. Al-Ahzab: 59, “Wahai Nabi, katakanlah kepada istri-istri, anak-anak perempuan dan istri-istri orang Mukmin, ‘Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.’ Yang demikian itu supaya mereka mudah dikenali, oleh sebab itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha pengampun lagi Maha Penyayang.”

QS. An-Nuur: 31, “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau Saudara-saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara lelaki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita islam, atau budak- budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. Dan janganlah mereka memukulkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, Hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung.”

Dari dalil diatas dapat kita pikirkan bahwa pada Al-A’raf:26 tentang pakaian taqwa, sebagai pakaian yg paling baik. Tentunya kita para muslimah menginginkan pakaian yang paling baik. Baik bagi Allah subhanahu wa ta'ala dan baik bagi manusia. Pakaian itu dibagi 2 yaitu pakaian bagian dalam dan pakaian bagian luar (jilbab). Jika kita hanya ingin memakai pakaian bagian dalam saja, itu hanya diperbolehkan di dalam rumah saja. Ketika kita keluar dari rumah maka kita diharuskan menggunakan dua pakaian tersebut.

Muslimah juga dilarang berhias berlebihan sehingga menjadi pusat perhatian kemudian menyerupai kaum jahiliyah dan kehilangan identitasnya sebagai seorang muslim. Aturannya terdapat pada Al-Ahzab:33.

Seperti apa pakaian taqwa itu?

Telah dijawab pada Al-Ahzab:59, ada 3 poin yaitu mengulurkan jilbab keseluruh tubuh, agar mudah dikenali, dan tidak diganggu…
●Mengulurkan jilbab keseluruh tubuh, artinya pakaian itu menutup dari bawah leher hingga mata kaki kemudian ditutup dengan kaus kaki.
●Mudah dikenali, artinya untuk membedakan bahwa muslimah itu umat islam dengan yang non muslim.
●Tidak diganggu, artinya dengan menutup aurat dengan cara yang syar’i tidak menimbulkan pandangan-pandangan liar terhadap muslimah.

Kerudung (khimar) yang digunakan muslimahpun harus menutup dada, Perlu digarisbawahi bahwa kerudung/khimar itu bukan jilbab. Kemudian menjaga pandangan dan dipandang dari yang bukan mahram atau bukan suaminya, dan menjaga kemaluan dengan menjauhi segala yang mendekati zina. Aturannya terdapat pada An-Nuur:31.

Kesimpulan:

Semua wanita yang beragama Islam wajib untuk:
1. Menggunakan PAKAIAN TAQWA terdiri dari pakaian bagian dalam, pakaian bagian luar (Jilbab), menggunakan kaos kaki, kerudung (khimar) hingga menutup dada.
2. Ditambah lagi, TIDAK BERHIAS yang berlebihan sehingga menjadi pusat perhatian.
3. MENJAGA PANDANGAN dan DIPANDANG.
4. MENJAGA KEMALUAN dengan menjauhi segala yang mendekati zina.

Wallahu’alam…

Mari memulai hijab yang syar’i ya dear…:)
 
sumber:

0 Response to "PAKAIAN TAQWA BAGI MUSLIMAH DAN ATURANNYA"

Posting Komentar