KEMENAG PONTIANAK

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA PONTIANAK, JL. ZAINUDDIN NO.4 KOTA PONTIANAK

Tips bagaimana mendidik anak dengan cara islami

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

Mendidik anak dengan cara islam

Tips mendidik anak dengan cara islam

Cafeinfo.net- Mendidik anak merupakan kewajiban orang tua. Karena anak merupakan titipan allah swt yang wajib kita pelihara dengan sebaik-baiknya. Arti dari sebaik-baiknya di sini adalah menuntun anak ke jalan yang di ridhoi allah swt lewat ajaran yang telah di contohkan Rasulallah saw dalam mendidik anak. Lalu bagaimana mendidik anak dengan cara islam. Simak ulasanya di bawah ini
Allah swt berkata di dalam al-quran, yang menyebutkan mengenai kewajiban seorang ayah dan ibu ketika memiliki anak, " Susuilah anakmu sampai usia dua tahun. Anakmu membutuhkan makanan yang terkandung pada air susumu. Meskipun engkau cerai, tetap susui anakmu. Dan engkau suami, wajib memberi nafkah bekas istrimu sebesar biaya penyusuannya.”
Allah swt juga berfirman dalam ayat al-quran( QS. Al-Baqarah: 233) bahwa, "susuilah anak-anakmu selama dua tahun penuh, bagi yang ingin menyempurnakan penyusuanya".
Firman allah telah di teliti oleh beberapa ahli mengenai menyusui selama dua tahun penuh tersebut. Alhasil memang benar kandungan firman allah tersebut, bahwa anak akan mendapatkan beberapa keuntungan di dalam tubuhnya kelak ia terlepas dari masa dua tahun menyusui. 
Selepas dua tahun penuh menyusui, maka saatnya orang tua baik ayah dan ibu mendidik dengan fase pertumbuhanya. Peran utama terpenting ialah ibu, sebab anak masih membutuhkan peran kasih sayang serta belaian lembut yang dimiliki seorang ibu. Dalam fase ini, anak belum bisa di didik dengan menggunakan akal. Namun pendidikan agama bisa anda terapkan untuk memulainya.
Mendidik anak itu tidak bisa hanya satu aspek saja, namun harus menyeluruh yang meliputi Jasmani, rohani, akal, ilmu pengetahuan serta kasih sayang.
Ketika anak belum sekolah, maka pendidikan yang terbaik adalah di lakukan oleh keluarganya, sebelum gurunya nanti. Meskipun nantinya guru bisa melahirkan sifat positif pada anak. Namun peran kedua orang tualah yang menjadi faktor utama sifat positif tersebut lahir.
Sebenarnya sifat positif itu sudah ada sejak anak telinganya sudah mendengar, mata bisa melihat dan merekam seluruh kejadian yang di lihatnya. Semua itu melekat erat pada dirinya dan kemudian membentuk sifat dan tingkah laku yang baik. Maka dari itu, untuk mengembangkan sifat positif tersebut, orang tua harus bisa mencontohkanya.
Rasulullah saw pun mencontohkan bagaimana ia menyayangi anaknya. Hal ini tertulis abadi dalam hadist ketika Rasulullah sedang shalat, anaknya menangis. Mendengar tangisan anaknya, maka Rasulullah pun mempercepar shalatnya. Padahal kita tahu, bahwa Rasulullah terkenal dengan lamanya saat shalat.
Islam mengajarkan kepada orang tua untuk bersikap ramah dan kasih sayang pada anak. Perwujudan kasih sayang itu bisa menghindarkan anak dari gangguan jiwa, rendah diri, dan terkena kelainan atau keganjilan
Nah semoga dengan artikel ini, kita sebagai orang tua bisa lebih semangat lagi dalam mendidik anak dengan cara islam yang sesungguhnya. Contoh lah suri tauladan terbaik yakni Rasulullah saw dalam mendidik anak.
Semoga info mengenai, Tips bagaimana mendidik anak dengan cara islami. Bisa bermanfaat untuk anda sekalian.
sumber:http://www.cafeinfo.net/2015/10/tips-bagaimana-mendidik-anak-dengan-cara-islami.html
 

0 Response to "Tips bagaimana mendidik anak dengan cara islami "

Posting Komentar