KEMENAG PONTIANAK

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA PONTIANAK, JL. ZAINUDDIN NO.4 KOTA PONTIANAK

Tentang Kanker Paru-Paru

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

Tentang Kanker Paru-Paru
15

DokterSehat.Com – Kanker paru-paru merupakan kanker paling mematikan diseluruh dunia, yang menyebabkan kematian sebanyak 3 juta jiwa tiap tahunnya. Hanya 1 diantara 10 pasien penderita penyakit ini yang dapat selamat selama 5 tahun ke depan. Walaupun penyakit ini sebelumnya kebanyakan diderita oleh pria, tetapi dalam beberapa tahun silam terdapat peningkatan jumlah penderita kanker paru-paru wanita dikarenakan.
Semua jenis kanker adalah penyakit sel rusak. Sel-sel akan bertumbuh secara tidak normal dan memicu pertumbuhan tumor. Biasanya, tubuh memiliki kemampuan untuk mengendalikan pertumbuhan sel. Hal ini untuk memastikan bahwa sel-sel yang dibutuhkan hanya diproduksi untuk menggantikan yang tua. Namun ini sering kali tidak terjadi. Seseorang mungkin mengalami pertumbuhan sel yang tidak terkendali karena cacat pada sistem. Saat hal ini terjadi di paru-paru, suatu kondisi yang dikenal sebagai kanker paru-paru terbentuk.
Fakta penting lainnya tentang kanker paru-paru adalah bahwa kanker paru-paru dibagi menjadi dua jenis : tumor ganas dan jinak. Kanker ganas lebih berbahaya karena sifatnya yang progresif. Mereka lebih agresif dibandingkan dengan tumor jinak. Kanker ganas memiliki kemampuan untuk menyerang sel-sel tubuh lainnya baik dalam getah bening atau aliran darah. Penyebaran ini disebut sebagai metastasis. Hal ini yang membuat kanker ganas semakin sulit dikontrol.
Disisi lain, kanker jinak lebih mudah dikendalikan. Mereka dapat dihilangkan dan mereka tidak progresif sebagai tumor ganas. Hal ini dapat dipastikan karena mereka tidak menyebar ke seluruh tubuh. Mengetahui banyak hal tentang kanker paru-paru sangat penting. Hal ini sangat membantu orang untuk mengambil keputusan yang tepat tentang kesehatan mereka. Sebagian besar, kanker paru-paru terjadi tanpa gejala. Seseorang dapat hidup dengan kanker paru-paru selama bertahun-tahun mengetahuinya. Kanker paru-paru baru diketahui jika mereka melakukan CT scan atau sinar-X dada. Namun, gejala ini dapat terlihat oleh orang lain. Hal ini termasuk turunnya berat badan, nafas pendek, mengi, nyeri dada, dan batuk berdarah. Ketika kanker sudah mempengaruhi saraf, seseorang mungkin menderita sakit bahu. Pita suara juga bisa menjadi lumpuh dan ini menyebabkan orang kehilangan suara mereka. Menelan pun menjadi sulit ketika kerongkongan terinfeksi.
Kanker metastatis, yang mengacu pada kanker besar-besaran yang mempengaruhi tulang, ditandai dengan rasa sakit yang sangat di daerah tulang. Jika telah mengenai otak, seseorang dapat menderita sakit kepala, kejang dan penglihatan mereka menjadi kabur. Mereka juga menjadi mati rasa. Mengetahui tentang jenis-jenis kanker paru-paru sangat penting. Dua jenis tipe yang dikenal adalah Small Cell Lung Carcinoma (SCLC) dan Non-Small Cell Lung Carcinoma (NSCLC). Penanganan terhadap kanker ini berbeda karena mereka memiliki beberapa perbedaan. Pada SCLC penanganan terbaik melalui radiasi dan kemoterapi. Sementara penanganan terbaik untuk NSCLC adalah pembedahan. Kanker paru-paru disebabkan oleh merokok. Orang yang merokok memiliki risiko lebih banyak di dalam hidupnya untuk menderita kanker paru-paru.
Sebuah fakta yang menarik bahwa semakin banyak seseorang merokok, maka mereka menjadi lebih rentan untuk kanker paru-paru. Diketahui bahwa tembakau mengandung ribuan bahan kimia, yang diyakini memicu kanker dalam tubuh. Senyawa ini disebut sebagai karsinogen. Kanker paru juga dapat disebabkan oleh faktor genetik. Penyebab lainnya termasuk polusi udara, gas radon dan asbes. Untuk mengetahui tentang kanker paru-paru dalam sistem, CT Scan dapat dilakukan. Biopsi dilakukan terhadap seseorang dan hasil konfirmasi jika mereka memiliki kanker paru-paru. Mengobati kanker paru-paru tergantung pada faktor-faktor seperti stadium, jenisnya, serta kondisi pasien pada saat diagnosis. Penanganan umum termasuk radioterapi, operasi, dan kemoterapi.

sumber :http://doktersehat.com/tentang-kanker-paru-paru/

0 Response to "Tentang Kanker Paru-Paru"

Posting Komentar