KEMENAG PONTIANAK

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA PONTIANAK, JL. ZAINUDDIN NO.4 KOTA PONTIANAK

Bawang putih menurunkan kolesterol

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

http://duniaberbagiilmuuntuksemua.blogspot.com/

Menurunkan Kolesterol dengan Jus bawang putih dan berbagai manfaat bawang putih lainnya

Meminum jus dari buah-buahan , seperti jus jeruk, jus mangga, jus alpukat atau jus buah-buahan lainnya adalah suatu hal yang biasa kita lakukan. Hampir semua jus buah memiliki khasiat yang baik terhadap kesehatan kita.

Namun, bagaimana jika bawang putih yang kita buat jus ,
mungkin akan terasa asing bagi kita. Padahal jus bawang putih juga memiliki berbagai khasiat dan baik untuk kesehatan.

Bawang Putih (Allium Sativum)

Bawang putih (Garlic dalam bahasa inggris) atau dalam bahasa latin memiliki nama Allium sativum adalah salah satu bumbu dapur yang banyak digunakan untuk berbagai masakan, untuk menambah aroma dan rasa makanan menjadi lebih nikmat dan wangi.
Penggunaan bawang putih sudah dimulai sejak 7000 tahun lalu dan biasa tumbuh di negara kawasan Asia tengah.
Selain untuk dijadikan sebagai bumbu dapur, ternyata bawang putih juga dapat dibuat bahan pengobatan dan memiliki berbagai manfaat.

Bawang putih memiliki khasiat sebagai antibiotik alami di dalam tubuh kita.

Bagaimana rasanya jika mengkonsumsi bawang putih mentah?
Bawang putih mentah yang penuh dengan kandungan senyawa sulfur menjadikan rasanya getir saat di konsumsi langsung, namun jika anda ingin mendapatkan manfaat bawang putih ini, rasanya yang kurang enak bukanlah suatu hambatan yang berarti.
Bawang putih ini diyakini dapat memberikan berbagai manfaat yakni meredakan sakit tenggorokan, menurunkan kolesterol, menyehatkan jantung, mengobati kutilan, sampai mencegah kemandulan

Beberapa penelitian menyimpulkan bahwa bawang putih mempunyai sifat mencegah penggumpalan darah (Thrombosis) dan mencegah terbentuknya pengerasan dinding pembuluh darah. Umbi berwarna putih mengandung zat Allicin, zat ini diperkirakan dapat mengganggu proses terbentuknya kolesterol, karena kolesterol tidak terbentuk, maka pengerasan pembuluh darah dapat dicegah. Sehingga pembuluh darah tetap lentur dan tekanan darah tidak naik. Selain itu bawang putih juga berfungsi merangsang peningkatan sel darah putih yang baik sebagai penjaga kekebalan tubuh.

Beberapa manfaat bawang putih dan cara penggunaannya :


Menurunkan kolesterol

Kolesterol adalah kumpulan lemak yang terdapat pada pembuluh darah. Sebenarnya kolesterol ini berguna sebagai sumber energi, membentuk sel-sel dalam tubuh dan sebagai bahan dasar pembentukan hormon-hormon steroid. Kolesterol terdiri dari dua jenis yakni, kolesterol baik (HDL -High Density Lipoprotein) dan kolesterol jahat (LDL- Low Density Lipoprotein). Kadar koleterol normal berkisar 200 mg/dl. Jika jumlahnya melebihi ambang batas tersebut maka termasuk tingkat koleterol tinggi dan harus diturunkan.
Dengan meminum jus bawang putih yang dihaluskan dicampur dengan air hangat secara rutin dapat menurunan kadar kolesterol

Meredakan batuk dan sakit tenggorokan

Jika anda menderita batuk dan sakit tenggorokan, mengkonsumsi satu sendok teh bawang putih yang sudah dihaluskan dicampur dengan segelas air hangat dapat melegakan tenggorokan

Mengobati kutilan

Keprek bawang putih ( jangan sampai halus ) lalu tempelkan pada kutil dan ikat yang kuat dengan kain atau plester tunggu sampai 30 menit, jangan terlalu banyak bergerak, maka kulit akan panas dan kutil akan menghitam. Besoknya anda terbebas dari kutil.
Selain itu meminum jus bawang putih secara rutin juga dapat mengurangi resiko hypertensi, menyehatkan jantung mengontrol gejala asma dan kesehatan saluran pernafasan.

Demikianlah informasi mengenai khasiat jus bawang putih untuk menurunkan kadar kolesterol darah dan berbagai manfaat lainnya dari bawang putih

Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat !

Tempat kita berbagi ilmu

dikutip dari berbagai sumber

Postingan terkait:

Sumber : https://duniaberbagiilmuuntuksemua.blogspot.co.uk/2016/09/bawang-putih-menurunkan-kolesterol.html

0 Response to "Bawang putih menurunkan kolesterol "

Posting Komentar