KEMENAG PONTIANAK

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA PONTIANAK, JL. ZAINUDDIN NO.4 KOTA PONTIANAK

Tips menghindari Bahaya Radiasi Ponsel

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

http://duniaberbagiilmuuntuksemua.blogspot.com/

Ponsel memancarkan dan menerima sinyal yang menghasilkan radiasi dan radiasi ini berbahaya terhadap kesehatan

Saat ini, hampir seluruh lapisan masyarakat telah menggunakan Ponsel (Telepon Selular) sebagai alat komunikasi. Bahkan sebagian besar masyarakat tidak bisa lepas
dengan kebutuhan akan alat ini.

Kegunaan alat ini semakin berkembang dari tahun ke tahun, seiring dengan kemajuan teknologi yang semakin canggih, selain sekedar untuk sebagai alat untuk berbicara dari jarak jauh, alat ini juga bisa mengirim pesan, mendengarkan lagu, menonton video, merekam, Kamera untuk berfoto, ponsel pintar, browsing , sosial media dan berbagai kegunaan lainnya. Bentuknya yang kecil menjadikan Ponsel ini tidak pernah lepas dari diri kita, dan selalu kita bawa kemanapun kita pergi.
Bahkan sebagian orang ada yang tidur dekat dengan Ponsel.

Tips menghindari Bahaya Radiasi Ponsel


Namun dibalik segala kegunaan yang kita nikmati dari sebuah ponsel, ternyata ponsel juga memiliki efek yang tidak baik untuk kesehatan, karena saat Ponsel memancarkan dan menerima gelombang sinyal , akan menghasilkan radiasi disekitar ponsel, dan radiasi ini berbahaya terhadap kesehatan

Ponsel menghasilkan Radiasi yang sangat berbahaya terhadap kesehatan.

Berikut beberapa Tips yang dapat anda lakukan untuk menghindari Bahaya Radiasi Ponsel :
Tips menghindari Bahaya Radiasi Ponsel

1. Aktifkan Speaker


Posisikan Ponsel sejauh mungkin dari bagian kepala kita, sebisa mungkin gunakan ponsel dengan mode Speaker. Dengan menggunakan ponsel dengan mode Speaker diharapkan jarak anda dengan ponsel bisa lebih jauh.

2. SMS


Jika memungkinkan cukup lakukan komunikasi dengan cara berkirim pesan singkat, karena saat anda mengirim pesan , posisi tubuh dan kepala akan memiliki jarak yang cukup jauh dibandingkan dengan pada saat anda melakukan komunikasi dengan menelpon.

3. Offline Mode


Matikan ponsel atau atur pada mode Offline (mode penerbangan) jika anda merasa belum begitu membutuhkan ponsel untuk berkomunikasi. Karena ponsel akan tetap bekerja untuk menangkap sinyal jika ponsel dalam keadaan aktif, meski sedang tidak digunakan.

4. Gunakan kuping kiri & kanan secara bergantian


Bertujuan untuk mengurangi masa terpaparnya radiasi ponsel terhadap bagian kepala dan tubuh anda, Saat dimana kita harus menggunakan ponsel untuk menelpon, biasakan berpindah posisi ponsel dari kuping kanan dan kiri secara bergantian.

5. Gunakan ponsel hanya di ruangan yang luas dan terbuka


Di beberapa negara , penggunaan ponsel di ruangan meeting, di dalam lift , di dalam mobil, toilet dan ruang sempit dan tertutup lainnya sangat dilarang, karena radiasi akan semakin besar jika ruangan memiliki ukuran yang kecil, apalagi ruangan tertutup.

6. Sinyal lemah


Perhatikan sinyal yang ditangkap ponsel, terutama saat berada di daerah-daerah yang memiliki kualitas sinyal kurang, hindari pemakain ponsel jika anda merasa sinyal yang tersedia sangat lemah, karena ponsel akan berusaha memaksimalkan sinyal kecil yang diterimanya, dan proses ini ponsel akan menghasilkan tingkat radiasi yang lebih besar dibanding jika saat sinyal cukup kuat dan memadai.

7. Atur penggunaan ponsel secara bijak


Terkadang anda melakukan perbincangan dengan waktu yang cukup lama dengan teman melalui ponsel, sebisa mungkin hindari hal ini, karena anda akan terpapar radiasi ponsel selama anda melakukan perbincangan tersebut, Hindari menelpon dengan waktu yang cukup lama, gunakan ponsel untuk menelpon seperlunya saja. Jika terpaksa melakukan telepon untuk waktu yang lama, pergunakan alat bantu pendengaran (Headset).

8. Hindari nelpon dengan ponsel pintar (Smartphone)


Ponsel didesain dengan berbagai jenis dan kegunaan, jika anda ingin menelepon atau mengirim sms, cukup gunakan ponsel biasa yang tidak didukung fitur-fitur, Karena semakin canggih sebuah ponsel, akan memiliki tingkat radiasi yang semakin tinggi pula

9. Terhubung dahulu baru letakkan ponsel di telinga anda


Ada masa tunggu setelah anda menekan nomor telepon yang anda tuju, sebelum terhubung. Jauhkan ponsel dari kepala saat maa tunggu tersebut, tunggu sampai ponsel terhubung dan diterima lalu dekatkan ke telinga. Karena pada saat berusaha terkoneksi/menghubungkan, ponsel akan menghasilkan radiasi maksimal

10. Simpan ponsel jauh dari tubuh


Hindari menyimpan ponsel di saku celana atau menyimpan di tempat yang bersentuhan langsung dengan bagian tubuh, sebisa mungkin simpan ponsel di dalam tas, pocket, atau dengan menggunakan wadah lainnya

11. Jangan bawa ponsel saat tidur


Membawa ponsel saat tidur, Ini adalah salah satu tindakan yang harus anda hindari

Ponsel memang memiliki banyak kegunaan, salah satunya adalah alarm untuk membangunkan kita. Namun meletakkan ponsel dekat dengan kita saat tidur memiliki resiko radiasi terpapar ke tubuh kita selama berjam-jam kita tidur. Posisikan sejauh mungkin dari tubuh kita apalagi saat kita tidur.

Tips menghindari Bahaya Radiasi Ponsel

Itulah beberapa tips untuk menghindari bahaya radiasi ponsel, semoga dengan melakukan tips-tips diatas, kita semua bisa terhindar dari bahaya-bahaya radiasi ponsel.

Semoga tips ini dapat bermanfaat !

Tempat kita berbagi ilmu

SUMBER :https://duniaberbagiilmuuntuksemua.blogspot.co.uk/2016/07/tips-menghindari-bahaya-radiasi-ponsel.html

0 Response to "Tips menghindari Bahaya Radiasi Ponsel "

Posting Komentar