KEMENAG PONTIANAK

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA PONTIANAK, JL. ZAINUDDIN NO.4 KOTA PONTIANAK

PANITIA QURBAN MASJID SYAIFUL ISLAM POTONG 29 HEWAN QURBAN

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ




Seperti di lingkungan Masjid Jannatun Na’im  dalam rangka merayakan Idul Adha dan Ibadah Qurban 1439 Hijriyah/ 2018 Masehi ,Panitia Qurban yang merupakan Pengurus Masjid Saiful Islam ditahun 2018 kembali melaksanakan kegiatan penyembelihan dan pembagian daging qurban. Kegiatan penyembelihan dan pendistribusian daging qurban masih sama seperti tahun 2017 yakni dilaksanakan selama dua hari yaitu pada hari rabu , 22 Agustus dan kamis 23 Agustus 2018. “ hari ini 10 ekor kambing,” kata Mus Mulyadi panitia disela-sela kegiatan penyembelihan hewan qurban di lingkungan Masjis Syaiful Islam, Jalan Thabrani Achmad,Pontianak Barat.  Dan sebelum hewan – hewan qurban tersebut disembelih panitia qurban sudah melakukan koordinasi dengan pihak terkait , yakni Dinas Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Pontianak untuk melakukan pemeriksaan kesehatan seluruh hewan qurban. Sehingga diharapkan daging-daging qurban yang dibagikan sudah  layak di konsumsi masyarakat..


Penyembelihan hewan qurban di lingkungan Masjid Saiful Islam di tahun 2018 ini meningkat jumlahnya jika dibandingkan dengan tahun 2017. Tahun 2018 sekitar dua puluh sembilan  ekor hewan qurban disembelih dan kemudian dibagikan kepada masyarakat .Adapun di tahun 2017 hanya sebanyak  tujuh belas ekor hewan qurban yang terdiri dari tujuh ekor sapi dan sepuluh ekor kambing. Di tahun 2018 ini 29 ekor hewan qurban, yang terdiri dari sepuluh  ekor sapi dan sembilan belas ekor kambing. Berarti ada peningkatan tiga ekor sapi dan sembilan ekor kambing di tahun 2018.

Sejak ba’da shalat idul adha panitia sudah mulai sibuk bekerja. Ramai masyarakat menyaksikan proses penyembelihan hewan qurban tersebut, mulai dari anak-anak, remaja sampai orang tua, baik warga di sekitar  masjid maupun orang-orang yang lalu lalang di sekitar Jalan Thabrani Ahmad.  Hewan qurban yang telah dipotong tersebut langsung di kuliti, dicacah-cacah ukuran kecil, ditimbang dan dimasukan ke dalam kantong-kantong yang sudah dipersiapkan

Setelah semua proses selesai dilakukan , yakni mulai dari penyembelihan hewan qurban , pengulitan , pencacahan daging dan tulang , pemasukan daging ke kantong-kantong, penimbangan daging selesai, barulah daging –daging tersebut dibagikan  kepada masyarakat yang berhak menerimanya. Sebelumnya panitia sudah melakukan kegiatan pendataan , siapa saja yang berhak menerima daging – daging qurban. (ADMIN).

0 Response to "PANITIA QURBAN MASJID SYAIFUL ISLAM POTONG 29 HEWAN QURBAN "

Posting Komentar