KEMENAG PONTIANAK

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA PONTIANAK, JL. ZAINUDDIN NO.4 KOTA PONTIANAK

13 HEWAN QURBAN DIPOTONG PANITIA MASJID JANNATUN NA’IM PONTIANAK

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ




Panitia pemotongan hewan qurban lingkungan Masjid Jannatun Na’im Pontianak tahun 2018/ 1439 hijriyah pada hari rabu pagi (22/8/2018), ,ba’da shalat idul adha melaksanakan penyembelihan qurban sebanyak tiga belas ekor. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka perayaan hari raya idul adha 1439 hijriyah. Sebanyak 13 ekor hewan qurban disembelih oleh panitia di gang Lestari ,tepat disamping Masjid Jannatun Na’im. Tiga belas hewan qurban tersebut terdiri dari lima ekor sapi dan delapan ekor kambing. “lima sapi , delapan kambing,” ungkap Irfan , Panitia Penyembelihan Hewan Qurban Masjid Jannatun Na’im, saat ditemui dan ditanya terkait jumlah hewan yang disembelih di lokasi pemotongan hewan qurban. Berarti ada kenaikan jumlah hewan qurban ditahun 2018 ini dibandingkan dengan tahun 2017. Jumlah hewan qurban tahun 2017 sebanyak sepuluh ekor dan tahun 2018 jumlah hewan qurban sebanyak tigabelas ekor. Irfan juga mengatakan bahwa sebelumnya hewan qurban tersebut sudah diperiksa oleh dua orang petugas dari Dinas Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Pontianak.

Dari pengamatan yang dilakukan di lokasi ,terlihat jelas ,proses penyembelihan hewan qurban ini ramai dilihat langsung oleh warga di sekitar Masjid, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Sapi dan kambing yang sudah  disembelih tersebut langsung di kuliti, dipotong-potong kecil-kecil , ditimbang dan dimasukan ke kantong-kantong yang sudah dipersiapkan.

Dan setelah semua hewan selesai dipotong, dikuliti, tulang dan dagingnya dicacah , dimasukan dalam kantong - kantong . Kemudian daging-daging dimasukan dalam kantong dan ditimbang. Setelah semuanya selesai barulah daging qurban tersebut dibagikan satu persatu   oleh panitia kepada warga yang berhak menerimanya berdasarkan data-data yang telah dikumpulkan sebelumnya. Sama seperti tahun 2017 , alhamdulillah , kegiatan pemotongan hewan qurban dan penyaluran daging-daging kepada yang berhak menerimanya di lingkungan Masjid Jannatun Na’im berjalan dengan tertib dan lancar. Panitia berharap di tahun 2019 nanti lebih banyak lagi warga muslim yang akan melaksanakan qurban sehingga banyak warga yang akan menikmatinya dari pelaksanaan ibadah tahunan tersebut.. Untuk tahun 2018 ini panitia menetapkan iuran qurban sebesar 2.500.000 rupiah per orang untuk kolektif qurban sapi dan sebesar 3.000.000 rupiah per orang untuk qurban kambing. (admin).

0 Response to "13 HEWAN QURBAN DIPOTONG PANITIA MASJID JANNATUN NA’IM PONTIANAK"

Posting Komentar