KEMENAG PONTIANAK

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA PONTIANAK, JL. ZAINUDDIN NO.4 KOTA PONTIANAK

PERBANYAKLAH EMPAT PERKARA DIBULAN RAMADHAN

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ






“ Kutipan khutbah terakhir dibulan sya’ban, disampaikan oleh Salaman Alfarisi Radiyallahu’anhu. Dari potongan hadits ketika beliau menyampaikan bagaimana keutamaan-keutamaan , keberkahan di bulan suci ramadhan. Beliau tidak menghimbau khusus kepada orang-orang muslim saja tapi beliau menghimbau seluruh umat manusia. “ wahai manusia, akan menyapa kalian satu bulan yang agung yaitu bulan ramadhan, bulan yang memberikan kebaikan keberkahan”,kata Syarifah Azizah mengawali tausiyahnya kepada para ASN Kemenag Kota Pontianak , waktu ba’da dzhuhur berjama’ah, rabu (22/6) di Surau Al-Islah.

Kemudian, Azizah menuturkan bahwa hikmah bulan suci ramdhan bukan hanya untuk umat islam . “ Intinya , bahwasanya ramadhan ini bukan hanya memberikan kebaikan untuk orang-orang muslim saja, pastinya kita sebagai contoh menstransfer makna-makna, hikmah-hikmah, kebaikan , manfaat kemuliaan ramadhan ini bisa dinikmati umat selain islam,” tuturnya.

Selanjutnya, penyuluh PNS Kemenag Kota Pontianak ini menjelaskan empat perkara yang merupakan pesan rasulullah dalam sebuah hadits yang berkaitan dengan bulan suci ramadhan. “ Diakhir haditsnya beliau menitipkan pesan kepada umatnya, perbanyaklah empat perkara selama berada dibulan suci ramadhan. Dua perkara yang membuat Allah ridha terhadap kalian dan dua perkara yang lain cukuplah kalian dengan perkara itu. Dua perkara pertama adalah syahadatu laa ila haillallah . mudah , rasulullah hanya meminta yakinkan dirimu tidak ada Tuhan selain Allah. Ini sederhana tetapi kita evaluasi apakah ada Tuhan-tuhan lain selain Allah ?. Apakah kita sudah menuhankan harta benda ?, Apakah kita sudah menuhankan manusia ?, Apakah kita sudah menuhankan dunia ?, dan itu kita lebihkan daripada Tuhan yang layak kita sembah yaitu Allah SWT. Jadi , beliau pertama memesankan diakhir khutbah beliau itu insyaallah yang pertama ini membuat Tuhanmu ridha kepadamu.Yang kedua , memperbanyak istighfar kepada Allah.Dua terakhir, mintalah surga sama Allah. Dibulan ramdhan ini sungguh-sungguh kita minta surga kepada Allah dan jangan lupa kita minta dijauhkan dari azab api neraka-Nya Allah, subhanallah,” jelasnya.


Pada kesempatan tersebut, Azizah mengingatkan sebuah hadits tentang keutamaan besedekah dibulan suci ramadhan. “ barangsiapa yang memberikan makan kenyang satu orang yang berpuasa, Allah akan memberikan minum dari telaga yang satu tegukan tidak akan membuat dia haus sampai dia di masukan kedalam surga-Nya Allah SWT,” katanya


Azizah juga mengingatkan pentingnya keikhlasan dalam beramal . “Ikhlas adalah segala-galanya. Amal itu bisa hangus, bisa batal, bisa tidak tercatat dimata Allah kalau tidak ikhlas.itulah kesimpulan akhirnya.

Diakhir tausiyahnya, Azizah menyampaikan sebuah ungkapan dari ulama bahwa yang paling penting dihari raya itu adalah bertambah taqwanya. “ hari raya itu bukan baju baru,kata ulama, tapi tambah taqwanya kepada Allah SWT,” pungkasnya. (Gwn_Ptk).


foto lainnya :





0 Response to "PERBANYAKLAH EMPAT PERKARA DIBULAN RAMADHAN"

Posting Komentar