KEMENAG PONTIANAK

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA PONTIANAK, JL. ZAINUDDIN NO.4 KOTA PONTIANAK

KEMENAG KOTA PONTIANAK RAPAT PERSIAPAN HAB KE 71 TH 2017

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ





Dalam rangka menghadapi peringatan Hari Amal Bhakti Kementerian Agama ke 71 yang jatuh pada tanggal 3 Januari 2017 maka Kantor Kemenag Kota Pontianak mengadakan kegiatan rapat persiapan. Rapat tersebut dilaksanakan pada hari jum’at (23/9) di ruangan pertemuan dan dihadiri beberapa pejabat dan staf dilingkungan Kantor Kemenag Kota Pontianak, Kepala KUA , Kepala Madrasah. Berdasarkan informasi yang disampaikan oleh ketua panitia hasil pemilihan pada 28 Januari 2016 saat pembubaran panitia HAB ke 70 yang lalu , Yanto ,SE, diketahui bahwa semestinya yang datang menghadiri rapat sebanyak empat puluh orang .Namun ,karena berbenturan dengan kegiatan dinas masing-masing maka beberapa kasi/penyelenggara , kepala KUA, kepala madrasah tidak hadir. Salah satu kegiatan yang berbenturan tersebut diantaranya adalah Ujian Tes Diklat Barang dan Jasa yang diikuti para kasi/penyelenggara dan juga staf.  Diawal kegiatan , nampak PYMT kepala Kemenag Kota Pontianak H. Abdulbar,S.Ag,M.Pd memberikan pengarahan, sebelum kemudian pamit meninggalkan ruangan karena menerima tamu dari Pendis pusat. Acara kemudian dipimpin ketua panitia, Yanto,SE.

Pada kesempatan tersebut, Penyelenggara Bimas Budha Kantor Kemenag Kota Pontianak ini menyampaikan perlunya pemilihan ulang ketua panitia HAB ke 71 karena ia akan mengundurkan diri dari jabatan ketua panitia. Pengunduran diri tersebut dikarenakan yanto mendapat tugas menangani beberapa kegiatan even nasional yang waktu persiapan dan pelaksanaannya diperkirakan bersamaan dengan kegiatan HAB. Sebelumnya , lelaki kelahiran Wonogiri ,8 September 1969 ini sudah terlebih dahulu mengkomunikasikan dan meminta pertimbangan kepada H.Abdulbar,S.Ag,M.Pd yang merupakan Pejabat Yang Melaksanakan Tugas kepala kantor. Dan Abdulbar memaklumi alasan dan pertimbangan-pertimbangan pengunduran diri tersebut. Namun , karena ketua panitia sebelumnya dipilih berdasarkan hasil rapat maka Abdulbar meminta agar pengunduran diri Yanto tersebut harus juga dibahas melalui rapat.
“ Barangkali bapak ibu masih ingat ketika rapat pembubaran panitia HAB ke 70 secara kebetulan saya ditunjuk sebagai ketua HAB ke 71 tahun 2017. Namun demikian , perlu bapak ibu pahami , saya selaku pribadi kemarin sudah berkonsultasi dengan bapak kasubbag. Bagaimana pak kalau struktur pengurus itu disusun dari awal, termasuk ketua. Bukan berarti saya tidak mau terlibat, tidak. Kebetulan ada tiga even nasional yang salah satunya untuk kontigen dari Kalimantan Barat saya sebagai ketua umumnya. Saya harus melaksanakan seleksi sebelum tanggal 15 Desember 2016, itu sangat berat bagi saya. Dan nampaknya beliau memahami, pokoknya nanti kita lihat hasil rapat,” kata Yanto memaparkan alasan pengunduran dirinya kepada para peserta rapat.

Mendengar hal tersebut, salah satu peserta rapat yaitu H. Makinuddin,M.Pd menanyakan kapan saja Yanto ,SE berada di luar Pontianak berkaitan dengan kegiatan even nasional tersebut untuk memastikan kelayakan pemilihan ulang ketua panitia HAB. Penyelenggara Bimas Budha tersebut kemudian  menaggapinya dengan menjelaskan bahwa pada tanggal 3 sampai dengan Oktober 2016 akan mengikuti kegiatan Yobana Dhamma Samaya Tingkat Nasional di Magelang, Jawa Tengah. Sebagai Ketua LPSBKST Provinsi Kalimantan Barat rencananya pada bulan November sampai dengan Desember 2016 ia akan melaksanakan kegiatan penjaringan peserta Swayamwara Tipitakagatha Kalbar untuk persiapan menghadapi even tingkat nasional yang kemungkinan akan digelar di Bali. Dan pada bulan November sampai dengan Desember 2016 yang sama, juga melakukan persiapan peserta Sippa Dhamma Samajja Kalimantan Barat untuk menyongsong even Tingkat Nasional tahun 2017 yang rencananya akan di laksanakan di Jakarta.

Berdasarkan penjelasan yang disampaikan tersebut maka para peserta rapat memahami alasan pegunduran diri dan menyetujui perlunya pemilihan ketua panitia HAB yang baru. Dan  berdasarkan musyawarah maka disepakati bahwa pemilihan ketua yang baru akan dilakukan pada rapat selanjutnya yang akan dilaksanakan pada hari senin tanggal 26 September 2016.

Selain membahas rencana pemilihan ketua panitia HAB yang baru , rapat pada hari jum’at tanggal 23 September 2016 juga membicarakan dan menyepati hal lainnya yaitu mengevaluasi kegiatan tahun lalu, membangun kerjasama dengan dharmawanita persatuan kemenag kota pontianak agar ikut aktif berpartisipasi pada kegiatan HAB kali ini, perlu adanya motto khusus untuk panitia internal agar lebih kompak dan lebih kuat kerjasama serta kebersamaannya, membuat undangan rapat untuk hari selanjutnya, setiap koordinator mengambil anggota dari satkernya agar memudahkan komunikasi, merekomendasikan dua orang yaitu H. Makinuddin,M.Pd dan H.Muslimin,S.Ag untuk diusulkan sebagai calon ketua pada rapat berikutnya. (Gwn_Ptk).

0 Response to "KEMENAG KOTA PONTIANAK RAPAT PERSIAPAN HAB KE 71 TH 2017"

Posting Komentar