KEMENAG PONTIANAK

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA PONTIANAK, JL. ZAINUDDIN NO.4 KOTA PONTIANAK

Perpisahan Kelas XII MAN 1 Pontianak

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ



MAN (Madrasah Aliyah Negeri) 1 Pontianak yang beralamat di Jl. H. Haruna melalui panitia yang di ketuai oleh Saumi Setyaningrum,S.Pd, M.Si pada hari sabtu, kemarin (25/04/2015) mulai pukul 07.00 sampai dengan 12.00 WIB melaksanakan acara perpisahan dengan siswa/siswi kelas XII.
Kegiatan yang meriah tersebut dihadiri para orang tua/wali siswa, dewan guru dan undangan tersebut diselenggarakan di Hotel Kapuas Palace Pontianak. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka pelepasan 248 siswa/siswi kelas XII dimana pada beberapa hari lalu telah selesai mengikuti Ujian Nasional yang merupakan proses terakhir pendidikan mereka di MAN 1 .
Acara perpisahan siwa/siswi yang sudah selama tiga tahun menimba ilmu di MAN 1 ini dimulai dengan prosesi siswa kelas XII memasuki ruangan dengan diiringi atraksi Drumband MAN 1 Al-Mizan yang mengagumkan binaan Iis Mulyati ,S.Pd dan Saumi Setyaningrum, S.Pd., M.Si. Kemudian, penampilan tari persembahan yang mempesona dari peserta didik hasil bimbingan Vevi Wildaningsih, S.Pd dan dilanjutkan dengan acara pembukaan.
Setelah itu, pembacaan kalam ilahi oleh dua siswi binaan Dra. Nurhasanah yaitu Siti Rahmaniah dan Anisa yang pernah menorehkan prestasi dalam lomba tilawah dengan suara yang merdu dan khidmat . Selanjutnya, menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia raya oleh seluruh hadirin, sambutan kepala MAN 1 Pontianak oleh Dr. H. Nana Kusnadi, M.Pd, sambutan perwakilan orang tua siswa kelas XII oleh Saptoyo, SE, M.Sc.
Diteruskan dengan pemberian penghargaan kepada siswa/siswi berprestasi dan sekaligus penyerahan peserta didik kepada orang tuanya masing-masing, penampilan qasidah, penyerahan piagam sekaligus pelepasan siswa kelas XII.
Testimony hafalan siswa surah Al-Anfaal berjumlah 75 ayat dan terjemahannya oleh Kasubbag T.U Kemenag Kota Pontianak, kepala MAN 1, kepala MIN Paal Lima, Istri Drs.H. Dja’far,A,M.Si, pengawas madrasah,guru pembimbing dan orang tua , sambutan kepala KanKemenag Kota Pontianak yang diwakili oleh Kepala Subbag Tata Usaha H. Abdulbar, S.Ag, M.Pd, pembacaan do’a, pemutaran film profil MAN 1, dan sebelum acara ditutup terlebih dahulu penampilan parody eskul MAN 1 yang mendapat tepuk tangan dan kagum dari para hadirin.
Dalam sambutannya didepan hadirin yang berjumlah tak kurang dari 600 orang tersebut, Kepala MAN 1 Pontianak Dr. H. Nana Kusnadi,M.Pd mengatakan kepada anak-anak pada hari ini , insyaallah secara resmi dikembalikan kepada orang tua kalian. “ Bapak berpesan kepada kalian untuk menjaga nama baik diri, nama baik orang tua, nama baik MAN 1 , termasuk nama baik agama,” pesannya.
Kepala MAN yang pernah berprestasi tingkat nasional ini meminta kepada siswa/siswi yang akan tamat agar kedepannya selalu mencontoh dan mengembangkan hal-hal baik. “Contohlah yang baik-baik, kembangkanlah potensi kalian yang baik jangan mencontoh hal-hal yang tidak baik sekalipun itu ada di media baik cetak maupun elektronik,” pintanya.
Kepala madrasah penyandang gelar Doctor ini berharap kepada Allah SWT agar peserta didik dan alumni MAN 1 tidak terjebak prilaku negative yang diberitakan media sekarang ini. “ Bersyukur bapak,ibu. Mudah mudahan putra-putri kita, tidak seperti yang diberitakan akhir-akhir ini begitu mengemparkan, begitu mencemaskan dan mengkhawatirkan tentang putra-putri kita.
Tapi Insyaallah…,anak-anak kita yang ada di MAN 1 ini, mudah-mudahan mereka tetap terbimbing, terjaga dari noda dan dosa yang akan menjerumuskan mereka,” harapnya. Mantan petugas haji tahun 2014 ini pada kesempatan tersebut menyerahkan kembali anak-anak yang tiga tahun lalu dititipkan untuk didik dan diajar di MAN 1 kepada orang tuanya.
“ Bapak,ibu, secara resmi pada hari ini, kami kembalikan kepada bapak ibu putra-putrinya yang tiga tahun sudah dititipkan kepada kami, mudah-mudahan sekalipun tidak banyak, ada manfa’atnya, ada kebaikan untuk putra-putri kita. Saya berharap potensi yang dimilikinya bisa dikembangkan, termasuk bisa melanjutkan ke perguruan tinggi,”tuturnya. Pendidik yang insyaallah selalu ramah dan rendah hati ini , berharap semoga apa yang baik diinginkan semua yang hadir tercapai.
“Kepada anak-anak sekalian , bapak ucapkan selamat karena sudah menyelesaikan ujian, kepada bapak ibu juga demikian, mudah-mudahan putra putri kita tidak sekedar tamat tapi juga lulus dan tamat, aamiin Yaa Rabbal ‘Alamin. Mudah-mudahan putra-putri kita, bapak ibu, juga kami MAN 1, maju berkembang sesuai dengan yang dicita-citakan,” do’anya.
Dan pada kesempatan tersebut kepala MAN 1 tak lupa mengucapkan terima kasih kepada panitia, para orang tua, siswa-siswi dan semua pihak yang mendukung suksesnya acara. Saptoyo, SE, M.Sc dalam sambutannya mewakili para orang tua siswa mengatakan tanpa terasa anak-anak kami sudah tiga tahun menjalani pendidikan di MAN 1 Pontianak.
“ Masih segar dalam ingatan kami diawal tahun 2013 mereka baru menyelesaikan pendidikan di SMP dan tidak terasa pada tahun 2015 mereka sudah akan segera meninggalkan MAN 1 tercinta ini untuk melanjutkan kejenjang yang lebih tinggi.
Pada kesempatan ini , izinkan kami mewakili orang tua siswa menyampaikan ribuan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada bapak kepala madrasah, bapak ibu dewan guru MAN 1 yang telah mendidik anak-anak kami dengan sabar, dengan ketekunan tanpa mengeluh sehingga anak-anak kami lebih dewasa, lebih cakap dengan pembekalan ilmu yang sangat berguna bagi masa depan mereka,” katanya.
Orang tua dari siswa kelas XII jurusan IPA ini mewakili yang lain menyampaikan juga permohonan maaf atas prilaku anak-anak yang dititipkan di MAN 1 yang dalam kesehariannya pernah melakukan kesalahan.
“ Pada kesempatan ini selaku orang tua siswa menyampaikan permohonan maaf yang setulus-tulusnya kepada bapak ibu guru sekalian, selama tiga tahun kami menitipkan , selama dalam pergaulannya mereka barangkali melakukan kekeliruan, kesalahan atau hal-hal kurang baik berpotensi mencemarkan nama baik MAN 1 almamaternya, kami atas nama orang tua siswa menyampaikan mohon maaf yang setulus-tulusnya,” ungkapnya.
Pada kesempatan yang berbahagia itu, Saptoyo juga menyampaikan hasil pengamatannya selama tiga tahun ini terhadap proses pendidikan di Madrasah yang dipimpin oleh seorang Doktor tersebut. “ Kami melakukan pengamatan terhadap perkembangan pendidikan anak kami yang dititipkan pada MAN 1, izin kami pada kesempatan yang baik ini menyampaikan rasa bangga sekali kepada kepala madrasah,bapak ibu guru .
Ternyata, anak-anak kami setelah dididik , tidak hanya dibekali pengetahuan umum saja, tapi juga dibekali ilmu agama sangat dalam, ini sangat penting dan membuat pondasi yang kuat agar anak-anak kami berkarakter qur’ani dan berprestasi dimasa akan datang.
Sebagaimana kita ketahui bersama untuk membangun Negara ini yang kaya dengan sumber daya alamnya, yang kita banggakan bersama, kita membutuhkan generasi-generasi muda yang berprestasi, beriman dan bertaqwa.
Hanya kepada merekalah insyaalah bisa menjaga amanat untuk menjalankan estafet pembangunan dari generasi kita.Insyaallah mereka akan menjadi generasi yang akan memberikan manfaat yang banyak bagi keluarganya dan bagi negaranya,” paparnya. H. Abdulbar,S.Ag, M.Pd dalam sambutannya setelah rangkaian penyerahan penghargaan kepada siswa berprestasi dan hafalan surah Al-Anfal menyampaikan hal-hal positif yang dilakukan oleh para siswa sangat perlu untuk memfilter pengaruh buruk.
“Tadi kita telah melihat begitu segudang prestasi, inovasi, kreatifitas daripada anak-anak didik kita, ini suatu hal positif dalam rangka mengcounter,memfilter terhadap amaliah-amaliah syayi’ah, amaliah yang menjurus kearah tidak baik, oleh karena itu inovasi-inovasi seperti itu perlu dilanjutkan ditingkatkan.
Walaupun kata Pak Nana tadi tahun depan apakah bisa acara seperti ini ? Insyaallah dengan kerjasama dan keyakinan saya kira kedepan pelaksanaannya akan lebih meriah lagi,”katanya. Kasubbag Tata Usaha Kankemenag Kota Pontianak ini mengucapkan terima kasih kepada kepala MAN 1,dewan guru dan staf T.U serta orang tua murid.
” Ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada kepala MAN 1 dan jajarannya, karena telah berhasil dan sukses melaksanakan kegiatan tahunan dalam rangka evaluasi untuk mengukur sejauh mana kemampuan anak didik kita dan kemampuan seluruh komponen yang ada di madrasah itu.
Dengan UANBM dan UN yang baik , insyaallah hasilnya juga baik.Kami ucapkan terima kasih kepada seluruh orang tua murid yang telah mampu bekerjasama dengan komponen-komponen yang ada di MAN 1 sehingga anak-anak kita bisa terkontrol dan termonitor ,sehingga pelaksanaan UANBM dan UN bisa terlaksana dengan baik ,” tuturnya.
Pejabat yang aktif di LPTQ Kota Pontianak ini juga menyampaikan aspek-aspek yang perlu berkerjasama dalam mencapai tujuan. “ Oleh karena itu pada kesempatan ini ada beberapa aspek yang perlu sinergi didalam mencapai tujuan yang direncanakan. Yang pertama, pimpinan.
Pimpinan merupakan symbol suatu organisasi. Kepemimpinan yang baik akan menghasilkan output yang baik, kepemimpinan yang jelek akan menghasilkan output yang jelek karena pimpinan merupakan figure atau uswatun hasanah dalam organisasi itu sendiri.
Kedua, Tenaga pendidik dan kependidikan, kita sudah dengar di media banyak tenaga pendidik dan kependidikan yang kurang baik, oleh karena itu tenaga pendidik dan kependidikan harus memiliki kualitas yang baik. Berikutnya orang tua yang terhimpun dalam komite perlu bersinergi yang baik dengan unsur-unsur yang ada di organisasi itu.
Terakhir, institusi induk, dalam hal ini kami di kantor Kementerian Agama Kota Pontianak akan selalu memonitor kepemimpinan pak Nana dan jajarannya,” paparnya. Penyandang gelar master pendidikan ini juga mengatakan pentingnya manajemen yang baik dalam madrasah.
“ Suatu proses yang baik harus mempunyai manajemen yang baik. Manajemen kurikulum, manajemen kesisiwaan, manajemen sarana prasarana, manjemen personal, manajemen keuangan, manajemen masyarakat dan lingkungan, manajemen layanan khusus. Kalau sudah komponen-komponen manajemen itu baik dan terhimpun dalam sinergi itu tadi,insyaallah hasil yang kita inginkan akan baik,” pungkasnya.

http://kalbar.kemenag.go.id/index.php?a=berita&id=255700

0 Response to "Perpisahan Kelas XII MAN 1 Pontianak"

Posting Komentar