KEMENAG PONTIANAK

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA PONTIANAK, JL. ZAINUDDIN NO.4 KOTA PONTIANAK

Kajian Keagamaan Islam di Kemenag Pontianak

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ



Kantor Kementerian Agama Kota Pontianak yang beralamat di Jl. Zainuddin No.4 pada hari senin , kemarin (20/04/2015) mulai pukul 09.15 sampai dengan 11.30 WIB kembali mengelar kegiatan kajian keagamaan.
Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka menambah wawasan keagamaan para pegawai khususnya pegawai muslim . Hadir pada kesempatan tersebut Kasubbag Tata Usaha H. Abdulbar,S.Ag, M.Pd, para kasi penyelenggara, penghulu, penyuluh agama islam, kepala KUA Kota Pontianak, pengawas sekolah/ madrasah dan kepala madrasah.
Acara dimulai dengan laporan ketua forum kajian keagamaan oleh Busroh, kemudian dilanjutkan dengan pengarahan kepala kemenag kota pontianak oleh Drs. H. Dja’far.A, M.Si , .Selanjutnya penyampaian dan pembahasan materi tentang hadits oleh narasumber dari IAIN Pontianak Dr. H. Wajidi Sayadi, M.Ag.
Setelah itu sesi tanya jawab dan kemudian ditutup dengan do’a. Dalam laporannya , busroh meyampaikan jumlah peserta yang mengikuti kajian ini.” Lebih kurang pesertanya 48 orang, kepala kantor mengharapkan semua jajaran yang ada di kemenag kota ini mulai dari kepala KUA se-Kota Pontianak, fungsional penghulu, fungsional penyuluh , kepala madrasah, pengawas madrasah menghadiri kegiatan ini,”ungkapnya.
Pada kesempatan tersebut ,dalam arahannya kepala kemenag kota menyampaikan perubahan waktu kegiatan kedepannya jika sekarang acara dimulai 09.15 sampai 11.15 maka insyaallah bulan depan waktunya dimulai lebih awal. “Sekedar informasi pak ustadz ,insyaallah bulan depan jadwal kita mulai jam 08.00 sampai jam 10.00,” katanya.
Drs. H. Dja’far .A, M.Si menyampaikan tujuan dari kajian ini. “pengajian ini insyaallah rutin dalam rangka meningkatkan wawasan dan pemahaman agama kita semua,semoga kegiatan ini terus berlanjut tidak ada tujuan lain kecuali semata-mata ingin mendapatkan ridho dari Allah SWT,” jelasnya.
Dalam peyampaian materinya Dr. H. Wajidi Sayadi, M.Ag pakar hadits mengatakan pentingnya pemahaman tentang hadits. “ Bagaimana kita memahami dan mengamalkan hadits, bagaimana kita berinteraksi dengan hadits. Cara pemahaman ini yang kemudian bisa melahirkan perbedaan pemahaman sekaligus bisa melahirkan perbedaan didalam mengamalkan hadits.
Bagi kita yang langsung bersentuhan dengan masyarakat, ketika kita memahami ini, kita bisa memberikan pemahaman sekaligus menengahi ketika ada masalah di masyarakat, kenapa bisa begini ? oh, karena cara pemahamannya begini, nah itulah yang kita sampaikan,” tuturnya.
Dosen IAIN Pontianak ini mengatakan hal-hal yang harus diketahui untuk memahami hadits. “Jadi, memahami hadits ada tiga hal yang sangat mendasar, pertama, siapa sumbernya hadits ?, siapa pembicara, siapa mengucapkan ? siapa yang melakukan perbuatan hadits ? .
Kedua, lalu bagaimana pembicaraannya, bahasa hadits itu kayak apa? Yang ketiga , ketika nabi berbicara dalam kondisi apa ? , “paparnya.


http://kalbar.kemenag.go.id/index.php?a=berita&id=254699

0 Response to "Kajian Keagamaan Islam di Kemenag Pontianak"

Posting Komentar