KEMENAG PONTIANAK

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA PONTIANAK, JL. ZAINUDDIN NO.4 KOTA PONTIANAK

Tim Kemenag Pontianak Ikut Pantau Hilal Awal Ramadhan

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ



Sama seperti tahun sebelumnya, menjelang ramadhan 1436 H/2015 Masehi Kantor Kementerian Kota Pontianak kembali mengikuti kegiatan rukyatul hilal yang dilaksanakan oleh kanwil kemenag prov. Kalimantan barat yang berkerjasama dengan lembaga terkait lainnya, selasa (16/06/2015).
Kegiatan tersebut dilaksanakan di lokasi bagunan Badan Hisab Rukyat Prov. Kalimantan Barat lantai tiga yang berada di Jl. Karya Jaya Benteng Laut Kec. Sungai Kakap Kab. Kubu Raya atau Pantai Indah Kakap yang merupakan tempat Markas Observasi Hilal Kanwil Kemenag Prov.Kalbar .
“ Kita diundang Pak Yunus untuk mengikuti kegiatan rukyatul hilal,” kata Busroh Penyelenggara Syari’ah Kemenag Kota Pontianak ditempat kerjanya sebelum berangkat menuju lokasi pengamatan. Sebanyak empat orang yang merupakan tim kankemenag kota pontianak ditugaskan oleh Drs.H.Dja’far.A,M.Si untuk mengikuti kegiatan tersebut.
Tim dari Kemenag Kota terdiri dari Busroh sebagai ketua tim , anggotanya meliputi Melati Murni, Ronie Dharwanto,SE dan Gunawan. Tim memang agak sedikit terlambat nyampai ke lokasi dikarenakan hujan turun dengan deras di kota pontianak. Tapi, alhamdulillah dengan semangat tim tetap berusaha berangkat, melaju dan sampai dilokasi.
Di Markas Observasi Hilal Kanwil Kemenag Prov.Kalbar tim bergabung bersama dengan para tim pengamatan lainnya yang terdiri dari unsur Badan Hisab Rukyat Kanwil Kemenag Prov. Kalbar ,Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika), Ormas Muhamadiyah, Ormas NU, MUI, IAIN, tokoh-tokoh agama,KUA serta yang lainnya untuk memantau dan mengamati ada tidaknya hilal.
Berdasarkan pengamatan yang ada dengan disaksikan oleh semua orang yang hadir pada kegiatan tersebut dengan menggunakan alat canggih teropong dari lantai tiga bangunan bahwa target pengamatan pada arah dekat matahari terbenam sore (16/06/2015) berada pada kondisi berawan/ mendung sehingga tidak bisa melihat hilal.
Hal tersebut berdasarkan penuturan Kabid Urusan Agama Islam dan pembinaan Syari’ah Kanwil Kemenag Prov. Kalimantan Barat Drs. H. M.Yunus.HS. “ Alhamdulillah, jadi telah kita laksanakan tadi pengamatan hilal ditempat ini yaitu Pantai Indah Kakap Kecamatan Sui.Kakap Kabupaten Kuburaya Provinsi Kalimantan barat.
Bahwa untuk hilal tahun ini, untuk memasuki bulan suci ramadhan 1436 hijriyah itu tidak terlihat hilal tersebut, padahal sudah kita tunggu-tunggu yaitu pada matahari terbenam pukul tujuh belas , empat puluh tujuh menit, lima puluh lima detik,” tuturnya saat dimintai keterangan pada waktu ba’da shalat maghrib di lokasi pengamatan yaitu Bagunan Badan Hisab Rukyat atau Markas Observasi Hilal Kanwil Kemenag Prov.Kalbar, selasa (16/06/2015).
Namun , mantan kasi bimas islam kemenag kota pontianak tersebut meminta agar tetap menunggu keputusan sidang isbat kemenag pusat terkait satu ramadhan. “ kalau ada yang melihat, ada saksi dan melaporkan dan isbat itu bisa jadi ditetapkan besok, tapi kalau tidak ada yang melihat pada 33 provinsi di 27 titik pengamatan maka untuk satu ramadhan otomatis tidak dapat kita puasa besok.
Tapi semuanya berpulang pada laporan yang diterima nanti oleh kementerian agama pusat. Karena sekarang kementerian agama pusat melaksanakan sidang isbat, rapat isbat untuk menetapkan menyangkut hilal ini memasuki satu ramadhan. Intinya menunggu keputusan isbat tersebut,” katanya.
Selain itu diperoleh juga informasi dari Drs. H. M.Yunus.HS dan Jema’at,S.Ag, M.Si sebagai berikut koordinat tempat, lintang tempat yaitu – 00 derajat 03 menit 26 detik Lintang Selatan , Bujur tempat 109 derajat 10 menit 21 detik Bujur Timur. Ketinggian tempat ,tinggi tempat 12 meter diatas permukaan laut.
Kemudian Ijtima menjelang bulan ramadhan itu pada 1436 H bertepatan dengan 16 Juni 2015 .Matahari terbenam pada pukul 17:47 menit 55 detik WIB, hilal terbenam pukul 17:37:55 WIB .
Keadaan hilal hakiki – 0 derajat 28 menit 57,01 detik ,posisi hilal Mar’ie -02 derajat 30 menit 05,09 detik, lama hilal diatas ufuq 0 , letak dan posisi hilal 4 derajat 56 menit 25,92 detik belahan utara dan sebelah kiri matahari.Hilal tidak terlihat , keadaan cuaca di sekitar ufuk mendung/berawan.


http://kalbar.kemenag.go.id/index.php?a=berita&id=268923

0 Response to "Tim Kemenag Pontianak Ikut Pantau Hilal Awal Ramadhan"

Posting Komentar