KEMENAG PONTIANAK

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA PONTIANAK, JL. ZAINUDDIN NO.4 KOTA PONTIANAK

Rakor Perencanaan dan Evaluasi Penyerapan Anggaran Kemenag Pontianak

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ



Kantor Kementerian Agama Kota Pontianak Subbag Tata Usaha atau Sekretariat pada hari senin (08/06/2015) menyelenggarakan kegiatan Rapat Koordinasi Perencanaan dan Evaluasi Penyerapan Anggaran Tahun 2015 Lingkungan Kemenag Kota Pontianak.
Kegiatan tersebut di buka secara resmi oleh Kepala Subbag Tata Usaha Kankemenag Kota Pontianak H. Abdulbar,S.Ag , M.Pd. Sebelumnya, direncanakan acara tersebut akan dibuka oleh Drs.H. Dja’far.A,M.Si Kepala Kankemenag Kota Pontianak.
Namun karena orang nomor satu di kemenag kota pontianak harus menghadiri undangan kegiatan di kantor wali kota pontianak maka untuk membuka Rapat Koordinasi Perencanaan dan Evaluasi Penyerapan Anggaran Tahun 2015 diwakilkan kepada kasubbag tata usaha. Sebanyak 35 orang peserta yang merupakan penyusun atau calon penyusun perencanaan anggaran yang berasal dari satker kantor kemenag kota pontianak dan madrasah negeri kota pontianak mengikuti kegiatan tersebut.
Selain itu pada acara pembukaan selain panitia dan peserta hadir pula para kasi penyelenggara kemenag kota pontianak. Dalam sambutannya H. Abdulbar,S.Ag , M.Pd menyampaikan harapannya agar realisasi dan laporan keuangan akan lebih baik dan benar sehingga memberikan pengaruh positif pada tukin. “Informasi kemari di asrama haji, pak bambang dari biro perencanaan , bahwa tunjangan kinerja kita tahun 2014 dan 2015 ini baru 48 persen.
Diharapkan dengan laporan keuangan kita pada tahun 2016 nanti memperoleh WTP, kita berharap persentase tukin kita menjadi naik 60 persen,” harapnya. Terkait hal itu, PPSM Kemenag Kota Pontianak memotifasi para pengelola anggaran yang hadir agar bisa berkontribusi tercapainya predikat tersebut. “ Kita bedo’a kepada Allah SWT, mudah-mudahan apa yang ingin diwujudkan pimpinan kita diatas itu mencapai target 60 persen kita tunjang dari bawah dengan menyelasikan laporan-laporan keuangan yang masih belum kita selesaikan.
Memang berat untuk kita laksanakan, kenapa ? kendala kita barangkali pertama SDM, yang kedua fasilitas sarana prasarana, ketiga situasi dan kondisi, keempat barangkali koordinasi. Oleh karena itu, saya menghimbau dan mengajak kita semua yang hadir pada kegiatan ini, mari kita sama-sama mencari solusi yang terbaik agar permasalahan-permasalahan teknis seperti itu bisa kita lalui dan harus kita lalui karena itulah tanggung jawab kita,” ajaknya.
Sebagaimana diketahui Kegiatan yang berkaitan dengan perencanaan anggaran ini, diselenggarakan oleh Sekretariat Kemenag Kota Pontianak selama satu hari melalui panitia yang dibentuk oleh kepala kantor adalah dalam rangka merealisasikan anggaran DIPA , meningkatkan pengetahuan,pemahaman dan keterampilan para penyusun perencanaan dan pengelola anggaran yang lebih baik.
Adapun sumber dana kegiatan ini menggunakan DIPA Sekretariat Kankemenag Kota Pontianak Nomor SP DIPA-025-01.2.418672/2015 tanggal 14 November 2014. Kegiatan ini memiliki beberapa tujuan diantaranya, pertama adalah meningkatkan pemahaman, pengetahuan, keterampilan para peserta tentang penyusunan dan kebijakan terbaru terkait dengan perencanaan anggaran di lingkungan kementerian agama tahun 2016.
Kedua, menjadi wadah bagi satker-satker di kankemenag kota pontianak, satker MIN, MTs N dan MAN untuk mengkonsultasikan keinginan dan permasalahan yang dihadapi sehingga memperoleh solusi terkait perencanaan dan penyerapan anggaran. Ketiga, diharapkan output perencanaan dan penyerapan anggaran kedepannya semakin baik.
Acara yang di ikuti para peserta dari satker kemenag kota pontianak dan madrasah negeri ini melibatkan narasumber dari kantor wilayah kementerian agama provinsi Kalimantan barat dan kota pontianak. Dari Kanwil sebanyak dua orang narasumber yaitu Kasubbag Perencanaan dan keuangan Drs. H. Tukiman, M.Si dan Supriyanto ,S.Pd, M.si Fungsional Perencana.
Sedangkan narasumber dari kota pontianak melibatkan petugas pengelola anggaran dan operator aplikasi keuangan yakni Hamzah. Alhamdulillah, dengan rahmat Allah SWT dan kerjasama semua pihak kegiatan ini bisa berjalan lancar.

http://kalbar.kemenag.go.id/index.php?a=berita&id=266678

0 Response to "Rakor Perencanaan dan Evaluasi Penyerapan Anggaran Kemenag Pontianak"

Posting Komentar