KEMENAG PONTIANAK

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA PONTIANAK, JL. ZAINUDDIN NO.4 KOTA PONTIANAK

Wisuda dan Khataman Qur�an Santri TPA/TPQ Sirajuddin Angkatan XVII

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ



Pengurus TPA/TPQ Sirajuddin melalui panitia yang dibentuk, pada hari minggu (31/05/2015) pukul 07.00 sampai dengan 11.00 WIB melaksanakan kegiatan Wisuda dan Khataman Qur’an Santri-Santri TPA/TPQ Sirajuddin Angkatan XVII di ruangan Masjid Sirajuddin.
Sebanyak 87 santri TPA / TPQ beserta orang tuanya mengikuti kegiatan tersebut. Hadir pula pada acara yang berbahagia ini para pengurus masjid sirajuddin dan kepala kantor kecamatan pontianak barat. Sebelum acara wisuda dan khataman dilaksanakan terlebih dahulu para santri , dan ustadz/ustazah melakukan foto bersama kemudian setelah itu dilanjutkan dengan pawai yang juga diikuti para orang tua .
Pawai dimulai dari halaman Masjid Sirajuddin Jl. Apel menuju Jl. H. Haruna lalu masuk ke Gg. Sahang kemudian kembali ke Jl. Apel dan berakhir di halaman masjid. Kegiatan arak-arakan santriawan-santriwati ini sangat meriah karena diiringi dengan hiburan Group Drumband Al-Mizan MAN 1 Pontianak.
Kemudian setelah itu dilanjutkan dengan prosesi acara khataman dan wisuda santriawan-santriwati sampai pukul 11.00 WIB. Dalam laporannya, Ketua Panitia Makmur,A.Ma menyampaikan jumlah peserta yang mengikuti wisuda dan khataman santri TPA/TPQ pada angkatan XVII tahun 2015 ini.
“Pesertanya berjumlah 33 orang yang khataman qur’an dan 54 orang yang diwisuda. Alhamdulillah, pelaksanaan khataman dan wisuda bisa dilaksanakan setiap tahunnya. Dibandingkan tahun lalu pesertanya meningkat,” katanya. Ustadz TPA Sirajuddin ini mengungkapkan bahwa tujuan kegiatan ini salah satu diantaranya adalah mendorong semangat para santri untuk membaca dan cinta pada Al-Qur’an.
“Adapun maksud dan tujuan kami melaksanakan kegiatan ini, untuk memotivasi anak-anak kita agar cinta pada Al-Qur’an karena kita lihat sekarang ini sudah banyak anak-anak kita yang melupakan Al-Qur’an, mereka lebih senang membaca selain Al-Qur’an .Semoga cinta pada Al-Qur'an diberi oleh Allah SWT ganjaran yang setimpal,”ungkapnya.
Pengurus Masjid Sirajuddin ini mengucapkan terima kasih atas partisipasi orang tua dirumah dalam meningkatkan semangat anak-anak TPA untuk lebih semangat membaca Al-Qur’an. “Trima kasih kepada orang tua yang telah mendorong anak-anaknya lebih giat lagi membaca Al-Qur’an, demi generasi qur’qni,generasi islami, karena mereka yang akan meneruskan perjuangan kita akan datang sebab kita tidak akan bertahan lama,” ucapnya.
Dalam sambutannya Ketua Masjid Sirajuddin Drs. H. Agus Mardi menyampaikan apresiasinya kepada tenaga pengajar TPA/TPQ dan atas terlaksananya kegiatan ini. “Alhamdulillah, hal ini tidak mudah dilaksanakan umurnya baru tujuh belas tapi kami sangat bangga sekali kepada dewan guru TPA yang telah bersusah payah, beritikad baik, bekerja keras dalam melaksanakan pendidikan di TPA ini.
Serta terima kasih pula kepada orang tua murid atas dukungannya,” tuturnya. Imam Masjid Sirajuddin ini meminta kepada orang tua yang hadir agar anak-anaknya terus lanjut menuntut ilmu . “ Kami mohon kepada orang tua agar setelah wisuda ini janganlah selesai pula menuntut ilmu agamanya karena apapun yang diberikan di TPA baru dasar-dasarnya.
Dan ini perlu dilanjutkan, dikembangkan sehingga anak-anak kita bisa menjadi sholeh sholehah , berbakti pada orang tua maupun agama dan Negara,” pintanya. Agus Mardi juga berharap agar anak-anak TPA Sirajuddin ini kedepannya bisa menjadi qari’ qariah. “Satu hal yang menjadi harapan kami pada saat ini dan beberapa tahun lalu bahwa lulusan wisuda dan khataman qur’an ini bisa dilanjutkan lagi menuntut ilmunya dengan guru privat sehingga ada anak-anak TPA yang menjadi qori’ dan qori’ah baik ditingkat kelurahan maupun kecamatan.
Kami berharap kepada orang tua meningkatkan pendidikan anaknya lagi, mudah-mudahan angkatan ini dapat mewujudkannya,” harapnya. Mengakhiri sambutannya, lelaki yang sudah dua periode menjadi Ketua Pengurus Masjid Sirajuddin Jl. Apel Pontianak Barat ini mengucapkan terima kasih atas sumbangan yang diberikan oleh para jama’ah.
“ Kami banyak berterima kasih kepada jama’ah masjid sirajuddin dan warga sekitar yang telah menginfaqkan hartanya untuk memberikan dukungan financial bagi TPA ini. Ada beberapa jama’ah yang setiap jum’atnya selalu menyisihkan hartanya untuk guru-guru TPA, kami sangat bersyukur dan berterima kasih.
Semoga amal ibadahnya diterima Allah SWT,” ucapnya. Karena kenyataannya dengan izin Allah SWT memang besar kontribusi para guru TPA/TPQ dimanapun khususnya TPA/TPQ Sirajuddin ini dalam rangka mengurangi buta huruf dan buta baca al-qur’an bagi anak-anak muslim yang merupakan asset umat islam yang sangat berharga khususnya di sekitar Jalan Apel Kelurahan Sui. Jawi Luar Pontianak Barat, ilmu yang diperoleh menjadi modal dasar yang berharga untuk menuntut ilmu kejenjang selanjutnya dan dalam kehidupan.
Dan alhamdulillah beberapa alumni TPA Sirajuddin ini sudah menyelesaikan pendidikan S1 agama dan umum bahkan juga S2 agama. Karena itu adakah perhatian yang cukup dari pemerintah untuk kesejahteraan para guru dan lembaga TPA/TPQ dimanapun berada.
Semoga Allah SWT mencukupkan rezki para guru TPA/TPQ dimanapun berada dan semoga mereka selalu sabar dan ikhlas dalam mengentaskan buta baca tulis Al-Qur’an dan dalam mengajarkan serta menstranfer ilmu agama kepada anak-anak yang merupakan embrio pemimpin masyarakat, bangsa dan agama.

http://kalbar.kemenag.go.id/index.php?a=berita&id=264764

0 Response to "Wisuda dan Khataman Qur�an Santri TPA/TPQ Sirajuddin Angkatan XVII"

Posting Komentar