KEMENAG PONTIANAK

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA PONTIANAK, JL. ZAINUDDIN NO.4 KOTA PONTIANAK

Sekber FKUB Kota Pontianak di Resmikan

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ



Setelah menunggu beberapa bulan akhirnya kemarin , rabu (17/06/2015), Kantor Sekretariat Bersama Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Pontianak diresmikan . Peresmian dilakukan secara simbolis dengan penguntingan pita oleh wakil ketua DPRD Kota Pontianak Drs. H. Firdaus Zar’in,M.Si didampingi kepala kantor kementerian agama kota pontianak Drs. H. Dja’far. A, M.Si.
Hadir meyaksikan peresmian tersebut Wakapolresta Kota Pontianak AKBP Veris, Kepala Subbag Tata Usaha Kemenag Kota Pontianak H. Abdulbar,S.Ag,M.Pd beserta kasi/penyelenggara, Ketua FKUB Kota Pontianak Drs. H. Syarif Zubir Al Idrus serta pengurus lainnya, Dandim ,Kepala Kantor Kecamatan Pontianak barat, , Kepala Kantor Kelurahan Sui. Jawi Dalam, Kepala KUA Pontianak Barat serta jajarannya, Ketua Pokjaluh dan Ketua Pokjawas Kemenag Kota Pontianak, ketua MUI (Majelis Ulama Indonesia) Kota Pontianak, ketua PGI (Persatuan Gereja Indonesia) Kota Pontianak, ketua Walubi (Perwakilan Umat Budha Indonesia) Kota Pontianak, ketua KWI (Kesatuan Wali Gereja Indonesia) Kota Pontianak, ketua Makin (Majelis Agama Konghucu Indonesia).
Sebelum peresmian dilaksanakan, terlebih dahulu dimulai dengan acara menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia raya oleh seluruh yang hadir ,dilanjutkan dengan pembacaan doa yang muslim dipimpin oleh Drs.H. Aswani. Kemudian penyampaian kata sambutan oleh Wakil Ketua DPRD Kota Pontianak.
Setelah itu diteruskan dengan kata sambutan oleh kepala Kankemenag Kota Pontianak. Dalam sambutannya , Wakil ketua DPRD Kota Pontianak Drs. H. Firdaus Zar’in,M.Si sangat mengapresiasi dengan keberadaan sekber tersebut. “ Kami dari DPRD tentu sangat menyambut baik kehadiran sekretariat yang notabenenya juga tentu akan banyak aktifitas kegiatan yang akan di lakukan Forum Kerukunan Umat Beragama.
Menurut pengamatan saya dikota pontianak ini, memang masih perlu,sering dan mungkin sangat banyak bertemu umat beragama. Karena kejadian tabrakan lalulintas itu bisa berkembang kemana-mana. Nanti ditanya yang nabrak siapa ?, yang ditabrak siapa ?. Padahal kasusnya, kasus tabrakan. Ini bisa dimanfaatkan oknum untuk hal-hal yang tidak baik,” katanya. Drs. H. Firdaus Zar’in,M.Si berharap agar sekber ini bisa berfungsi maksimal. “
Mudah-mudahan kantor yang berada di kecamatan pontianak barat ini bisa di fungsikan secara optimal, kemudian bisa mengeleminir sekecil mungkin kejadian-kejadian yang bisa menimbulkan masalah-masalah yang menurut kita sudah selesai sejak founding father (pendiri bangsa) dahulu,” harapnya. Diacara yang sama , Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Pontianak Drs. H. Dja’far. A, M.Si mengatakan FKUB itu sangat dekat dengan dewan. “ Bapak yang mewakili DPRD , Bapak Firdaus, sahabat saya, sengaja tadi saya dahulukan karena saking dekatnya itu FKUB dengan Dewan.
Karena kita perlu FKUB, karena ini adalah rumah besar umat beragama inilah tempatnya. Betapa sulitnya para tokoh-tokoh kita di Jakarta untuk memperjuangkan kehadiran FKUB ini,” katanya. Drs. H. Dja’far. A, M.Si mengungkapkan pentingnya keberadaan FKUB. “ Makanya Menteri Agama dalam beberapa kegiatan beliau tekankan atau tegaskan bahwa FKUB itu sangat kita butuhkan, tidak bisa tidak.Karena kerukunan umat beragama itu adalah harga mati, tidak bisa ditawar-tawar lagi, mutlak,” ungkapnya.
Mantan Kepala Kankemenag Kabupaten Mempawah ini juga menuturkan bahwa Menteri Agama akan membangun FKUB di seluruh Indonesia. “ Satu-satunya kantor yang mengurus agama-agama adalah kementerian agama.Karena kemterian agama hampir sama umurnya dengan negeri ini, beda enam bulan.
Setelah enam bulan kemerdekaan , kementerian agama lahir. Melekat persoalan umat itu, biar diusahakan diputus-putus, kementerian agama berkewajiban kerukunan umat beragama.Makanya beliau tekankan, tidak kurang 530 di seluruh Indonesia akan dibangun kantor seperti ini.
Dan bukan hanya sampai disitu , kemenag akan membantu seterusnya termasuk operasional.Jadi, Bapak menteri tidak main-main, “ tuturnya. Drs. H. Dja’far. A, M.Si mengucapkan terima kasih kepada pemerintah kota , pengurus FKUB, Kanwil Kemenag Prov.Kalbar dan semua pihak yang ikut andil dengan keberadaan sekretariat FKUB ini.

http://kalbar.kemenag.go.id/index.php?a=berita&id=269392

0 Response to "Sekber FKUB Kota Pontianak di Resmikan"

Posting Komentar