KEMENAG PONTIANAK

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA PONTIANAK, JL. ZAINUDDIN NO.4 KOTA PONTIANAK

Berbagi Ilmu Dengan Rekan Kerja di Kemenag Kota Pontianak

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

Rabu, 29 Januari 2014, 08:35 – Kemenag Kab/Kota Kalbar


Setiap kita memiliki kelebihan dan juga kekurangan baik dalam harta maupun dalam ilmu. Berkaitan dengan harta didalam agama islam kita diperintahkan untuk berbagi dalam bentuk bersedekah /infaq dan berzakat kepada yang tidak mampu atau hidup kekurangan. Dan berkaitan dengan ilmu atau pemahaman kita disuruh untuk mengajarkan kepada yang belum paham. Tentu yang boleh diajarkan adalah ilmu yang bermanfa’at dan tidak menyalahi syar’i.
Seperti halnya yang terlihat di ruangan administrasi keuangan Subbag Tata Usaha Kantor Kemenag Kota Pontianak pada hari selasa 28 Januari 2014. Abdul Kadri yang paham tentang administrasi keuangan berbagi ilmu/keterampilan dengan mengajari/membimbing rekan kerjanya Nur Hidayati yang masih belum paham tentang administrasi keuangan.
Hal ini akan membantu rekan kerja lainnya yang belum mengerti menjadi mengerti, yang belum bisa menjadi bisa secara bertahap dalam rangka meningkatkan produktifitas kerja. Hal tersebut sesuai dengan anjuran dalam agama islam sebagaimana diketahui hadist dari Anas Radhiyallahu anhu berkata,”Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda,“Ada tujuh hal yang akan mengalir pahalanya bagi seorang hamba setelah ia meninggal, sedang ia telah berada di dalam kuburnya:
Orang yang mengajarkan ilmu, orang yang menggali (mengalirkan) sungai, orang yang menggali sumur, orang yang menanam pohon kurma, orang yang membangun masjid, orang yang mewariskan (mewakafkan) mush-haf (Al-Qur’an), dan orang yang meninggalkan anak yang akan memohonkan ampunan baginya setelah matinya”. [HR. Al-Bazzar dalam Musnad-nya (no. 7289) dan Ad-Dailamiy dalam Musnad Al-Firdaws (no. 3492). Hadits ini dinilai hasan oleh Syaikh Al-Albaniy rahimahullah dalam Shohih Al-Jami’ (3602)].
Hadist yang lain dari Abu Hurairah Radhiallahu ‘Anhu katanya,, Rasulullah SAW telah bersabda : Jika anak Adam meninggal, maka amalnya terputus kecuali dari tiga perkara, sedekah jariyah (wakaf), ilmu yang bermanfaat, dan anak soleh yang berdoa kepadanya.’‘ (HR Muslim). Jika kita perhatikan hadist diatas sungguh beruntung orang-orang yang berilmu/paham kemudian mau ikhlas berbagi dengan mengajari orang-orang yang belum paham disekitarnya.

0 Response to "Berbagi Ilmu Dengan Rekan Kerja di Kemenag Kota Pontianak"

Posting Komentar