KEMENAG PONTIANAK

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA PONTIANAK, JL. ZAINUDDIN NO.4 KOTA PONTIANAK

PERSIAPAN CALON JAMA’AH HAJI KOTA PONTIANAK

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ



Musim pelaksanaan pemberangkatan jama’ah haji tahun 1437 Hijriyah / 2016 Masehi  sudah semakin dekat, diperkirakan awal Agustus  jama’ah calon haji Indonesia sudah mulai diterbangkan menuju Tanah Suci,Mekkah, Saudi Arabia.

Mengenai kuota atau jumlah jama’ah haji untuk  Kota Pontianak yang akan berangkat tahun 2016 / 1437 H,  berdasarkan informasi dari H. Ernan, S.Ag, M.Si Kasi Penyelengara Haji dan Umrah ( PHU ) Kantor Kementerian Agama Kota Pontianak mengatakan sampai saat ini masih menunggu.
“ Masih menunggu Surat Keputusan ( SK ) dari Gubernur Kalimantan Barat. Namun jika mengacu pada tahun lalu   ( tahun 2015 ) kuota haji kota Pontianak sebagaimana SK Gubernur Kalbar berjumlah 449 jama’ah. Kita berdo’a dan berharap  untuk tahun 2016  ini semoga ada penambahan Kuota dari pemerintah Arab Saudi untuk Indonesia  yang tentunya nanti akan dibagi ke  seluruh provinsi di Indonesia termasuk Kalimantan barat,” kata Ernan ketika ditemui di tempat kerjanya, rabu (6/4/2016).

Lebih lanjut , mantan Kepala KUA Kecamatan Pontianak Timur dan Selatan itu mengungkapkan untuk sementara ini sambil menunggu SK Gubernur Kalbar tentang penentuan jumlah Kuota jama’ah haji Kabupaten / Kota , maka Kementerian Agama Kota Pontianak mengacu pada tahun lalu, yaitu sebanyak 449 jama’ah. 

“ 449 orang yang mana dapat kami klasifikasikan tentang jama’ah haji yang akan berangkat tahun ini , yaitu : 1.Calon jama’ah haji  yang gagal berangkat  tahun lalu karena sesuatu dan lain hal dengan nomor Porsi Acak berdasarkan nomor Porsi Reguler. 2. Calon jama’ah haji yang sudah melunasi tahun yang lalu namun menunda  keberangkatannya dengan nomor Porsi Acak berdasar nomor Porsi Reguler. 3. Calon jama’ah haji dengan nomor porsi Reguler  : 1700019015  Sampai dengan nomor porsi  Reguler  :  1700020324 dengan kriteria : a. Calon jama’ah haji yang  pendaftarannya dimulai tanggal 14 Oktober  2010 dengan Nomor Porsi  : 1700019015 dan seterusnya. b. Calon jama’ah haji yang pendaftrannya terakhir sampai tanggal 13 Januari 2011 dengan Nomor Porsi  akhir  : 1700020324,” ungkapnya.

Sehubungan dengan itu  bagi calon jama’ah haji  yang merasa nomor porsinya dan tanggal pendaftarannya termasuk berangkat tahun ini ( sebagaimana di atas) diharapkan untuk segera datang ke Kantor Kementerian Agama Kota Pontianak Jalan Zainuddin No. 4 Pontianak untuk persiapan data-data dan hal-hal lainnya.
“ Diantaranya adalah yang berhubungan dengan dokumentasi perjalanan keluar negeri yaitu berupa Paspor, dan pemeriksaan kesehatan yang nantinya akan disalin dalam buku kesehatan jama’ah Haji,” Jelas Ernan lebih lanjut.

Berkenaan dengan dokumen perjalanan ke luar negeri berupa paspor bagi para calon jama’ah haji yang belum ada diharapkan untuk segera mengurusnya.
“ tentunya tidak semua calon jama’ah haji sudah memiliki passport, untuk itu diharapkan kepada calon jama’ah haji kota Pontianak yang belum memiliki passport untuk segera mengurus pembuatan passport secara Kolektif ke Kantor Kementerian Agama Kota Pontianak untuk mendapatkan pengarahan dan penjelasan dari petugas kami mengenai berkas-berkas yang harus dipersiapkan.  Dan bagi yang sudah memilki paspor , segera ke Kantor Kemenag membawa potocopynya dan photocopy lembar BPIH dari Bank, untuk mencocokkan nama di passport dan nama di BPIH,” harapnya.

Lebih lanjut, dijelaskan bahwa sampai dengan berita ini diturunkan masih ada beberapa jama’ah  belum datang ke Kantor Kemenag kota Pontianak untuk mengurus keberangkatannya. “ Kami dari seksi Haji sudah menghubungi melalui telphon / Hp, tetapi tidak ada jawaban dan tidak aktif nomor Hp tersebut. Karena itu diharapkan kepada calon jama’ah haji Kota Pontianak yang nomor porsinya berangkat tahun ini untuk segera menyelesaikan pemberkasan pembuatan passport ke Kantor Kemenag Kota Pontianak, kami tungggu selambat-lambatnya tanggal 21 April 2016, karena tanggal 30 April 2016 proses photo dan sidik jari pembuatan paspor di Kantor Migrasi Jalan Sutoyo Pontianak  untuk jama’ah haji kota Pontianak dilaksanakan.” jelas Alumnus Program Magister Ilmu Sosial Untan Pontianak ini.


Mengenai pemeriksaan kesehatan awal,  Ernan mengatakan bahwa untuk para calon jama’ah haji asal kota Pontianak yang porsi keberangkatannya tahun 2016 , dipersilahkan segera memeriksakan dir di Puskesmas terdekat. “ Dalam hal ini Dinas Kesehatan Kota Pontianak dengan Suratnya tertanggal 30 maret 2016 mempersilakan kepada calon jama’ah haji kota Pontianak untuk segera melakukan permeriksaan kesehatan di Puskesmas-puskesmas terdekat sesuai domisili calon jama’ah tersebut. Semakin awal pemeriksaan kesehatan akan semakin baik dan mudah dalam memantau dan menjaga kesehatannya hingga berangkat nantinya,” pusngkasnya. (Gwn_Ptk).

0 Response to "PERSIAPAN CALON JAMA’AH HAJI KOTA PONTIANAK"

Posting Komentar