KEMENAG PONTIANAK

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA PONTIANAK, JL. ZAINUDDIN NO.4 KOTA PONTIANAK

KSM 2016 TINGKAT KOTA PONTIANAK DIBUKA.

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ





Memasuki akhir bulan april tahun 2016 , Kantor Kementerian Agama Kota Pontianak melalui Seksi Madrasahnya mengelar kegiatan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Kota Pontianak. Kegiatan tahunan ini dilaksanakan dalam rangka menyaring siswa-siswi madrasah yang memiliki kemampuan lebih untuk menjadi duta di kompetisi tingkat provinsi. Para peserta yang mengikuti merupakan perwakilan terbaik dari Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah se Kota Pontianak. Untuk mengawali kegiatan tersebut maka dilaksanakan acara pembukaan secara resmi oleh Kepala kankemenag Kota Pontianak ,Drs. H. Dja’far.A, M.Si pada hari sabtu (23/4/2016) di MTs Negeri 1 Pontianak.

Kegiatan pembukaan di hadiri para peserta dari masing-masing madrasah dengan didampingi oleh guru-guru pembimbingnya dan kepala madrasah serta pengawas. Mengawali laporannya, ketua panitia H. Makpul,S.Ag,M.Pd meneriakan yel-yel madrasah untuk memberikan semangat kepada para peserta KSM. Makpul : “ Madrasah…,”. Di jawab para peserta yang hadir dengan suara lantang : “ Lebih baik..,”.   Makpul : ” Lebih baik…,”.  Hadirin :” Madrasah…,”. Makpul : ” Lebih baik…,”.  Hadirin :” Madrasah…,”. Makpul : ” Lebih baik…,”.  Hadirin :” Madrasah…,”. Dalam sambutannya, Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag Kota Pontianak menyampaikan hal melatar belakangi dilaksankannya kegiatan tersebut. “ KSM tahun 2016 di lingkungan Kementerian Agama Kota Pontianak dilaksankan berdasarkan SK Kepala Kantor Kemenag Kota Pontianak nomor 82 tahun 2016 tanggal 19 April 2016 tentang pembentukan panitia kegiatan Kompetisi Sains Madrasah dan DIPA Kantor Kemenag Kota Pontianak nomor 025.04.2.418675/2016 ,” katanya.

Selanjutnya , Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag Kota Pontianak ini menjelaskan tujuan dari dilaksanakannya kegiatan KSM tahun 2016. “ Kompetisi Sains Madrasah diharapkan mampu memupuk motivasi siswa untuk terus mencintai dan bergairah mempelajari bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Setelah memiliki dan mengamalkan ajaran agama islam yang kuat dan menjadi panutan bagi yang lainnya sebagai anak bangsa yang baik dan berakhlaqul karimah. Diharapkan setiap siswa madrasah mampu membangun bangsa khususnya di bidang Iptek yang semakin hari semakin tidak terpisahkan dari kehidupan masyarakat saat ini,” jelasnya.

Lebih lanjut, peraih kepala KUA Teladan Tingkat Nasional ini menuturkan tujuan jangka pendek yang hendak diraih dari kegiatan yang digelar selama satu hari tersebut. “ Menjaring siswa-siswi berprestasi dan berpotensi sesuai kompetensi bidang yang diperlombakan untuk diikut sertakan dalam KSM Tingkat Provinsi tahun 2016 yang diadakan di Kota Pontianak. Sebagai wadah bagi penyelenggara/lembaga pendidikan untuk meningkatkan mutu pendidikan di madrasah masing-masing,” lanjutnya.

Makpul juga menuturkan bahwa sebanyak 137 orang peserta yang berasal dari madrasah negeri dan swasta Kota Pontianak akan bersaing menjadi yang terbaik di KSM kali ini. Adapun bidang study yang diperlombakan di tiga tingkatan yaitu Tingkat MI bidang studi Matematika dan IPA, Tingkat MTs Matematika, Biologi dan Fisika dan Tingkat Madrasah Aliyah terdiri dari Matematika, Biologi, Fisika, Kimia, Ekonomi dan Geografi.

Dalam sambutan dan arahannya Kepala Kantor Kemenag Kota Pontianak mengatakan bahwa yang bersaing di KSM ini sebenarnya adalah para pendidiknya. “ Kompetisi sains sebenarnya yang bersaing bukan mereka tapi kita, sebagai pengasuh. Kita gurunya, inilah hasil yang kita kerjakan bertahun-tahun kita ditugaskan di madrasah. Jadi, sebenarnya bukan anak yang berkompetisi, kita sebenarnya sebagai guru. Maka , kelihatan nanti itu guru yang punya kepedulian tinggi terhadap aktivitas pembelajaran,aktifitas anak,” katanya.

Selanjutnya, KPA Kemenag Kota Pontianak ini mengungkapkan bahwa hasil perlombaan ini nanti mengambarkan integritas tenaga dan lembaga pendidikan. “ Hasil yang didapatkan oleh anak-anak, yang diasuh setiap hari itu mengambarkan integritas gurunya, integritas lembaga di mana mereka didik setiap hari, itu yang dipertaruhkan. Yang dipertaruhkan kewibawaan, kualitas gurunya yang mengajar,” ungkapnya.

Diakhir sambutannya, sebelum kemudian membuka secara resmi KSM , mantan KaKankemenag Kota Singkawang ini memberikan semangat dan mendo’akan para peserta . “ Bersaing, teruskan perjuangan kalian, karena perjalanan kalian masih panjang. Kami berdo’a , semoga kalian tetap semangat sehingga bisa menjadi anak-anak yang berkualitas di kemudian hari. Anak-anak yang shaleh itu bukan Cuma karakter saja tapi yang sempurna fisiknya, sempurna penampilannya, ilmu bisa dipertanggung jawabkan dan berkualitas,” pungkasnya. (Gwn_Ptk).


Foto terkait :







0 Response to "KSM 2016 TINGKAT KOTA PONTIANAK DIBUKA."

Posting Komentar