KEMENAG PONTIANAK

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA PONTIANAK, JL. ZAINUDDIN NO.4 KOTA PONTIANAK

Keragaman Adalah Sebuah Keniscayaan

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ



Kantor Kementerian Agama Kota Pontianak ,rabu (2/9/2015) kembali melaksanakan kegiatan yang bertujuan mempererat dan meningkatkan kerukunan antara sesama manusia yaitu Pengembangan Wawasan Multikultural .

Sebelumnya ditempat yang sama yaitu di Grand Kartika Hotel Jl. Rahadi Oesman Pontianak , telah sukses menyelenggarakan kegiatan pembinaan kerukunan umat beragama yang diikuti semua unsur agama yang ada di Kota Pontianak dan dibuka secara resmi oleh Wali Kota Pontianak H. Sutarmidji,SH,M.Hum.
Kegiatan Pengembangan Wawasan Multikultural dibuka secara resmi oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Pontianak Drs.H. Dja’far.A,M.Si. Kegiatan ini diikuti oleh para peserta yang berjumlah 35 orang ,merupakan pelajar Sekolah Menengah Atas dan Madrasah Aliyah Negeri di Kota Pontianak yang mewakili unsur berbagai agama dan suku.

Materi kegiatan yang dibiayai dari dana DIPA Sekretariat Kankemenag Kota Pontianak tahun 2015 ini terdiri dari Kebijakan Kantor Kementerian Agama Kota Pontianak tentang Pengembangan Wawasan Multikultural yang disampaikan oleh Drs.H. Dja’far.A,M.Si. dan Materi Wawasan Multikultural Bagi Remaja atau Pelajar disampaikan oleh salah satu guru teladan tingkat nasional yaitu Hayatunnufus,M.Pd. Sebelum dibuka secara resmi oleh kepala kantor, terlebih dahulu panitia menyampaikan laporannya.
Dalam laporan yang disampaikan oleh Ketua Panitia H. Abdulbar,S.Ag,M.Pd mengatakan bahwa keragaman adalah sebuah keniscayaan, kesatuan adalah suatu keharusan . Diketahui bahwa Bangsa Indonesia terdiri atas ribuan pulau dengan berbagai macam perbedaan. Keberagaman adalah sebuah takdir.
Pendiri bangsa ini tentu sudah memikirkan itu semua sehingga didalam UUD 1945 sudah tercermin bagaimana usaha menjaga agar potensi negatif tidak timbul oleh perbedaan ini. Negara Indonesia bukan negara agama tapi bukan juga negara sekuler. Sila Ketuhanan YME lebih jauh memberikan gambaran bahwa tiap gerak langkah bangsa indonesia harus dilandasi dengan Ketuhanan YME.
Kemudian, Kasubbag Tata Usaha Kemenag Kota Pontianak tersebut menyampaikan bahwa tujuan dari diselenggarakan kegiatan ini adalah agar para peserta sedini mungkin dapat memiliki pemahaman yang lebih baik akan suatu perbedaan. Pertemuan ini merupakan wadah yang positif serta bekal bagi generasi penerus bangsa ini untuk mejaga kerukunan, kebersamaan yang mendalam, saling menghargai dan menghormati dalam rangka terciptanya kerukunan umat beragama ditengah masyarakat yang heterogen.
Dalam sambutan dan arahannya, Kepala Kantor Kemenag Kota Pontianak Drs.H. Dja’far.A,M.Si berharap agar para peserta bisa menerima pembelajaran ini dengan sebaik-baiknya sehingga memperoleh manfaat bagi semua. (Gwn_Ptk).










http://kalbar.kemenag.go.id/index.php?a=berita&id=287016

0 Response to "Keragaman Adalah Sebuah Keniscayaan"

Posting Komentar