KEMENAG PONTIANAK

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA PONTIANAK, JL. ZAINUDDIN NO.4 KOTA PONTIANAK

29 Hewan Qurban di Potong di Lingkungan Masjid Syaiful Islam

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

Sama dengan Masjid Ath-Taqwa , Masjid Syaiful Islam yang beralamat di Jalan Thabrani Ahmad, Kelurahan Sui.Beliung, Kecamatan Pontianak Barat melalui kepanitiaan qurban tahun 2019 , sabtu (11/8/2019), juga menggelar kegiatan penyembelihan hewan qurban . Penyembeliahan hewan qurban di lingkungan Masjid Syaiful Islam ini dilaksanakan dalam rangka merayakan Idul Adha dan Ibadah Qurban 1440 Hijriyah.

Sebanyak dua puluh sembilan hewan qurban disembelih oleh Panitia Qurban tahun 2019 ini. “ sebelas sapi, delapan belas kambing ,” kata Nursahid , salah satu anggota panitia ketika dimintai keterangan terkait pemotongan hewan qurban lingkungan Masjid Syaiful Islam, beberapa saat sebelum kegiatan penyembelihan.

Ini berarti adanya trend peningkatan jumlah hewan qurban , khususnya sapi yang dipotong oleh panitia pada tahun 2017,2018 dan 2019. Karena pada tahun 2017 jumlah hewan qurban sebanyak tujuh belas ekor hewan qurban yang terdiri dari tujuh ekor sapi dan sepuluh ekor kambing. Adapun di tahun 2018 jumlah hewan qurban sebanyak dua puluh sembilan ekor hewan qurban, yang terdiri dari sepuluh  ekor sapi dan sembilan belas ekor kambing. Berarti ada peningkatan tiga ekor sapi dan sembilan ekor kambing di tahun 2018. Dan di tahun 2019 ,jumlah hewan qurban , sebelas ekor sapi dan delapan belas ekor kambing.

Adapun waktu penyembelihan hewan qurban di lingkungan Masjid Syaiful Islam dilakukan selama dua hari yakni pada hari minggu dan hari senin. “ enam sapi , delapan belas kambing  hari ini, sisanya besok,” jelas pegawai Kemenag ini.

Nantinya setelah semua proses selesai dilakukan , yakni mulai dari penyembelihan hewan qurban , pengulitan , pencacahan daging dan tulang , pemasukan daging ke kantong-kantong, penimbangan daging selesai, barulah daging –daging tersebut dibagikan  kepada masyarakat yang berhak menerimanya. Sebelumnya panitia sudah melakukan kegiatan pendataan , siapa saja yang berhak menerima daging – daging qurban tersebut.

0 Response to "29 Hewan Qurban di Potong di Lingkungan Masjid Syaiful Islam"

Posting Komentar