KEMENAG PONTIANAK

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA PONTIANAK, JL. ZAINUDDIN NO.4 KOTA PONTIANAK

TAHUN 2019, 29 EKOR HEWAN QURBAN DI LINGKUNGAN MASJID SIRAJUDDIN

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

Di tahun 2019 ini, sama seperti tahun 2018 dan tahun-tahun sebelumnya dalam rangka memeriahkan Ibadah Qurban dan idul adha, panitia pemotongan hewan Qurban Masjid Sirajuddin ,Jalan Apel Kelurahan Sungai Jawi Luar Kecamatan Pontianak Barat kembali melaksanakan kegiatan penyembelihan dan pendistribusian daging hewan qurban kepada masyarakat yang berhak menerimanya. Tidak berbeda dengan ditempat lainnya, penyembelihan hewan dilakukan setelah shalat idul ‘adha,yakni sekitar pukul 08.30 WIB.

Alhamdulillah hampir setiap tahunnya penyembelihan hewan qurban di Masjid Sirajuddin selalu jumlahnya banyak , tahun 2019 ini berjumlah dua puluh sembilan ekor hewan qurban disembelih di lingkungan Masjid di samping gang Kenari tersebut. Dua puluh sembilan hewan qurban tersebut terdiri dari tiga belas  ekor sapi dan enam belas ekor kambing. Jumlah ini berdasarkan keterangan yang sampaikan oleh Yasin , Ketua panitia qurban, beberapa waktu sebelum proses pemotongan hewan. “ sapi tiga belas ekor, dan kambing enam belas ekor,” katanya.

Hampir sama dengan ditempat lainnya, proses pemotongan dan pembagian daging qurban selalu ramai disaksikan oleh warga Jalan Apel,Pontianak Barat, baik yang berkurban maupun yang akan mendapatkan pembagian daging ataupun yang hanya sekedar menyaksikan penyembelihan hewan qurban tersebut, hewan yang sudah dipotong tersebut langsung di pindahkan ke bagian dalam pagar, dikuliti, dicacah, ditimbang dan dimasukan ke dalam kantong-kantong yang sudah dipersiapkan oleh panitia.

Setelah semua sapi dan kambing tersebut selesai dipotong ,dikuliti, dicacah, ditimbang dan dimasukan kedalam kantong plastik maka daging qurban kemudian didistribusikankan  oleh panitia kepada warga yang berhak menerimanya berdasarkan data yang dimiliki oleh panitia. “ Adapun pembagian daging qurban ,kami sebarkan kurang lebih 650 kepala keluarga dan juga pesantren,” papar Yasin. Alhamdulillah pelaksanaan penyembelihan dan pendistribusian daging hewan qurban berjalan dengan tertib dan lancar. Panitia berharap agar di tahun 2020 nanti lebih banyak lagi warga yang berkurban sehingga jumlah hewan qurban yang dipotong semakin meningkat jumlahnya dan jumlah daging yang didistribusikankan semakin banyak pula jumlahnya.

0 Response to "TAHUN 2019, 29 EKOR HEWAN QURBAN DI LINGKUNGAN MASJID SIRAJUDDIN"

Posting Komentar