KEMENAG PONTIANAK

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA PONTIANAK, JL. ZAINUDDIN NO.4 KOTA PONTIANAK

PANITIA POTONG 21 HEWAN QURBAN DI LINGKUNGAN MASJID ATH-TAQWA

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

Dalam rangka merayakan  Idul Adha dan ibadah qurban pada tahun1440 Hijriyah/2019 Masehi, pengurus Masjid Ath-Taqwa Kelurahan Sui.Beliung ,Kecamatan Pontianak Barat melalui Panitia Penyembelihan Hewan Qurban yang telah dibentuk, pada hari sabtu (11/8/2019), ba’da shalat id ,sekitar pukul 09.00 WIB, kembali melaksanakan kegiatan pemotongan hewan qurban.

Berdasarkan informasi yang  yang diperoleh dari panitia , Ronie,  diketahui bahwa jumlah hewan qurban pada tahun 2019 ini adalah sebanyak dua puluh satu ekor ,yang terdiri dari enam ekor sapi dan lima belas ekor kambing. “ Kambing lima belas, sapi enam,” kata PNS Kemenag Kota Pontianak ini ketika diminta keterangan.

Dengan jumlah hewan yang banyak tersebut agar kegiatan bisa berjalan dengan lancar dan baik tentu harus dikelola dengan baik,salah satu diantaranya melalui kepanitiaan. “ lima puluh anggota panitia yang diketuai oleh Jumheli,” jelasnya ketika ditanya ada berapa orang yang dilibatkan untuk mensukseskan kegiatan tersebut.

Waktu penyembelihan hewan dilaksanakan waktu ba’da shalat idul adha panitia sudah mulai sibuk bekerja dengan perlengkapan dan peralatan yang sudah dipersiapkan. Seperti biasanya ramai warga lingkungan masjid Ath-Taqwa menonton dari luar pagar untuk menyaksikan proses penyembelihan hewan qurban tersebut, mulai dari yang muda sampai orang tua. Hewan qurban yang telah disembelih tersebut langsung dikuliti, dicacah-cacah ukuran kecil, ditimbang dan dimasukan ke dalam kantong-kantong yang sudah dipersiapkan

Setelah semua proses selesai dilakukan , yakni mulai dari penyembelihan hewan qurban , pengulitan , pencacahan daging dan tulang , pemasukan daging ke kantong-kantong, penimbangan daging selesai, selanjutnya daging –daging tersebut dibagikan  kepada masyarakat yang berhak menerimanya berdasarkan data-data yang sudah dipegang oleh panitia. “ Mulai didistribusikan ba’da dzhuhur, di drop ke RT-RT masing-masing, kemudian dari Pak RT mendistribusikannya ke warganya,” ungkapnya.

Adapun jumlah daging hewan qurban yang dibagikan dalam bentuk kantong-kantong ke masing-masing ketua RT adalah sebanyak 439 kantong .

Alhamdulillah, kegiatan pemotongan  hewan qurban dan penyaluran daging qurban di lingkungan Masjid Ath-Taqwa berjalan dengan tertib dan lancar. Semua itu atas rahmat Allah SWT , kerjasama panitia dan warga. “ kegiatan penyaluran daging qurban berjalan lancar,” kata sekretaris panitia ini.

0 Response to "PANITIA POTONG 21 HEWAN QURBAN DI LINGKUNGAN MASJID ATH-TAQWA"

Posting Komentar