KEMENAG PONTIANAK

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA PONTIANAK, JL. ZAINUDDIN NO.4 KOTA PONTIANAK

Wisuda dan Khataman Qur’an Santri TPA/TPQ Sirajuddin Pontianak Ke XVIII Tahun 2016

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ





Suasana Masjid Sirajuddin yang beralamat di Jalan Apel Kelurahan Sungai Jawi Luar Kecamatan Pontianak Barat pada hari minggu (29/05/2016), pagi, nampak ramai dengan santriawan-santriwati dengan busana yang indah - indah dan pakaian toga dengan didampingi orang tuanya. Hal tersebut dalam rangka mengikuti acara Wisuda dan Khataman Qur’an Santri TPA/TPQ Sirajuddin ke XVIII tahun 2016 yang digelar oleh pengurus TPA. Sebelum, prosesi wisuda dan khataman dimulai, terlebih dahulu dilaksanakan pawai keliling yang diikuti para santri dan orang tua serta ustadz-ustadzah TPA/TPQ, dimulai dari Masjid Sirajuddin menyusuri Jalan Haruna , Gang Sahang kemudian kembali menuju Masjid. Pawai yang diiringi Drumband siswa-siswi SMPN 17 tersebut sangat meriah.

Dalam laporannya , Makmur,A.Ma ketua panitia menyampaikan puji syukur kehadirat Allah SWT atas terlaksananya kegiatan wisuda dan khataman qur’an kali ini. “ Alhamdulillah wisuda kita sebanyak 46 orang santri dan yang khataman qur’an berjumlah 36 orang,” kata lelaki yang sudah mengajar di TPA Sirajuddin selama lebih kurang 20 Tahun ini kepada para hadirin yang berada di ruangan Masjid Sirajuddin.

Penyuluh Non PNS Kemenag Kota Pontianak ini mengucapkan terima kasih atas dukungan para orang tua santri sehingga kegiatan tersebut bisa terselenggara. “ Kita bersyukur kepada Allah ,antusias orang tua santri semangat untuk melaksanakan wisuda dan khataman ini. Trima kasih kepada orang tua yang selalu bekerjasama dengan TPA ini untuk melaksanakan wisuda dan khataman qur’an . Dan kami mengucapkan selamat yang sudah melaksanakan khataman qur’an, menyelesaikan pembacaan Al-qur’an 30 juz,” tuturnya.

Makmur merasa bangga kepada para santri yang mampu khatam qur’an. “Ini merupakan suatu kebanggaan bagi orang tua karena kalau kita lihat sekarang ini betapa banyak anak-anak yang belum bisa menyelesaikan pembacaan Al-qur’an sebanyak 30 juz. Makanya, saya selaku panitia sangat bangga sekali kepada anak-anak yang selalu tekun membaca Al-qur’an sampai 30 Juz. Karena diantara sekian anak-anak ada juga berhenti ditengah jalan, belum selesai, kabur. Alhamdulillah yang sudah selesai cukup banyak,” ungkapnya.

Selanjutnya, Makmur berharap kepada anak-anak yang sudah khatam agar jangan berhenti membaca Al-qur’an. “ Kamu khatam qur’an hari ini bukan berarti berhenti membaca Al-qur’an. Membaca Al-qur’an itu tidak ada berhentinya sampai kita dipanggil oleh Allah SWT. Teruskanlah membaca Al-Qur’an baik dirumah atau dimana saja.Dan kepada anak-anak wisuda telah menyelesaikan iqro’ enam bukan berarti sudah tamat TPAnya, tidak. Kamu teruskan belajar Al-Qur’annya di TPA Sirajuddin ini mudah-mudahan tahun depan kamu akan khatam qur’an seperti teman-teman kamu disini,” harapnya.

Kemudian , lelaki yang aktif di kepengurusan Masjid Sirajuddin ini mengucapkan terima kasih atas pengabdian para ustadz ustadzah yang telah mengajar para santri sehingga mereka bisa diwisuda dan khatam qur’an. “ Saya mengucapkan terima kasih yang sedalam-dalamnya, yang sebanyak-banyaknya kepada para dewan guru TPA Sirajuddin yang masih bersedia mengabdi . Walaupun tempat tinggal dewan guru ini sangatlah jauh, ada yang tinggal di Kakap, ada yang tinggal di seberang 28 Oktober, ada yang tinggal di Perum IV, ada yang tinggal di Sungai Renggas sana. Alhamdulillah, walaupun mereka tinggalnya jauh , masih cinta kepada TPA Sirajuddin,’’ jelasnya.

Dalam sambutannya , Drs. H. Agusmardi ,ketua pengurus Masjid Sirajuddin menyampaikan terima kasih kepada ustadz ustadzah, guru TPA Sirajuddin atas keikhlasan membimbing para santri sehingga bisa khataman dan wisuda. Agusmardi juga mengucapkan terima kasih atas  dukungan orang tua sehingga acara ini bisa terselenggara. Agusmardi berharap agar anak-anak yang sudah khataman qur’an meningkatkan lagi belajar Al-Qur’annya . “ Belajar Al-qur’an ini sampai di liang kubur. Kami mohon dukungan orang tua , kiranya dapat melanjutkan lagi kejenjang yang lebih tinggi sehingga dapat membaca Al-qur’an dengan fasih, dengan benar sesuai dengan qaidah-qaidah Al-qur’an,” tuturnya.

Dan Agus juga berharap kepada LPTQ Kecamatan atau Kota bisa memfasilitasi menyediakan tenaga pengajar seperti qari’ qariah atau hafidz. “ Kami harapkan yang sudah khatam qur’an ini perlu ditingkatkan lagi dengan pendalaman-pendalaman Al-qur’an . Ini program yang belum bisa kami laksanakan, kendalanya adalah ustadz pembimbingnya. Kami sudah mencoba memohon bantuan LPTQ Kecamatan untuk dapat menunjuk atau memfasilitasi guru untuk memperdalam. Mudah-mudahan LPTQ Kota Pontianak bisa memberikan dukungan kepada kita, ustadz-ustadzah yang akan membimbing untuk pendalaman pembacaan Al-qur’an ini.  Sehingga nantinya dalam MTQ Tingkat Kelurahan, Tingkat Kecamatan, Kota ada perwakilan dari TPA Masjid Sirajuddin. Inilah program yang belum terlaksana dengan baik, ini masih dalam cita-cita,” harapnya. (Gwn_Ptk).


Foto-foto terkait lainnya :

Sebelum di wisuda-khataman Qur'an para santri TPA-TPQ Sirajuddin Pontianak
mengikuti kegiatan pawai





Para santri khataman Qur'an TPA-TPQ Sirajuddin Pontianak







Group Drumband SMPN 16 ikut memeriahkan pawai santri TPA-TPQ Sirajuddin Pontianak




Orang Tua/Wali dan keluarga Santri TPA-TPQ Sirajuddin Pontianak





Para santri khataman TPA-TPQ Sirajuddin Pontianak



Orang Tua/Wali Santri TPA-TPQ Sirajuddin Pontianak



Para santri wisuda TPA-TPQ Sirajuddin Pontianak






Sambutan Ketua Panitia Makmur,A.Ma  pada Acara Wisuda dan Khataman Qur'an TPA TPQ Sirajuddin Pontianak ke XVIII Tahun 2016.



Para santri khataman TPA-TPQ Sirajuddin Pontianak










Para santri wisuda Qur'an TPA-TPQ Sirajuddin Pontianak



Sambutan Ketua Pengurus Masjid Sirajuddin pada Acara Wisuda dan Khataman Qur'an TPA TPQ Sirajuddin Pontianak ke XVIII Tahun 2016.





Sambutan Ketua Pengurus Masjid Sirajuddin pada Acara Wisuda dan Khataman Qur'an TPA TPQ Sirajuddin Pontianak ke XVIII Tahun 2016.




Para santri wisuda Qur'an TPA-TPQ Sirajuddin Pontianak



Orang Tua/Wali Santri TPA-TPQ Sirajuddin Pontianak




Para santri wisuda TPA-TPQ Sirajuddin Pontianak




Orang Tua/Wali Santri TPA-TPQ Sirajuddin Pontianak



































Para Santri khataman TPA-TPQ Sirajuddin Pontianak ke XVIII tahun 2016 sedang prosesi khataman Qur'an.



Orang Tua/Wali dan keluarga Santri TPA-TPQ Sirajuddin Pontianak


Para santri wisuda TPA-TPQ Sirajuddin Pontianak


















Para santri wisuda Qur'an TPA-TPQ Sirajuddin Pontianak







Orang Tua/Wali dan keluarga Santri TPA-TPQ Sirajuddin Pontianak




Penyerahan sertifikat oleh Pengurus Masjid Sirajuddin Pontianak, Kepala dan Guru TPA-TPQ kepada santri wisuda pada Acara Wisuda dan Khataman Qur'an TPA-TPQ Sirajuddin Pontianak ke XVIII tahun 2016







Penyuapan nasi dan ayam panggang kepada perwakilan santri khataman pada Acara Wisuda dan Khataman Qur'an TPA-TPQ Sirajuddin Pontianak ke XVIII tahun 2016






Sepatah kata dari perwakilan santri khataman pada Acara Wisuda dan Khataman Qur'an TPA-TPQ Sirajuddin Pontianak ke  XVIII tahun 2016



































Penyerahan sertifikat oleh Pengurus Masjid Sirajuddin Pontianak, Kepala dan Guru TPA-TPQ kepada santri khataman pada Acara Wisuda dan Khataman Qur'an TPA-TPQ Sirajuddin Pontianak ke XVIII  tahun 2016





Para Ustadz-ustadzah/guru TPA-TPQ Sirajuddin Pontianak sedang menyalami para santrinya


Ibu Rina ,S.Ag Kepala TPA-TPQ Sirajuddin Pontianak sedang menyalami para santrinya







Para Ustadz-ustadzah/guru TPA-TPQ Sirajuddin Pontianak sedang menyalami para santrinya










5 orang santri khataman TPA-TPQ Sirajuddin Pontianak ke XVIII XVIII tahun 2016 berpestasi mendapatkan hadiah
























10 orang santri wisuda Qur'an TPA-TPQ Sirajuddin Pontianak ke XVIII XVIII tahun 2016 yang berprestasi mendapatkan hadiah



























































Para santri wisuda TPA-TPQ Sirajuddin Pontianak ke XVIII tahun 2016



10 orang santri khataman TPA-TPQ Sirajuddin Pontianak XVIII tahun 2016 yang berprestasi mendapatkan hadiah

Para santri wisuda  TPA-TPQ Sirajuddin Pontianak






















10 orang santri khataman TPA-TPQ Sirajuddin Pontianak ke XVIII XVIII tahun 2016 yang berprestasi mendapatkan hadiah

0 Response to "Wisuda dan Khataman Qur’an Santri TPA/TPQ Sirajuddin Pontianak Ke XVIII Tahun 2016"

Posting Komentar