KEMENAG PONTIANAK

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA PONTIANAK, JL. ZAINUDDIN NO.4 KOTA PONTIANAK

Jemaah Haji Kota Pontianak Kloter 28 Masuk Aula Pemberangkatan

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ


...

Pontianak (Kemenag)---Sebanyak 189 orang  jema’ah haji asal Kalbar tergabung dalam kelompok penerbangan (kloter) 28 yang akan mengikuti flight kedua,pada Sabtu tanggal 17 Juni 2023, pukul 13.57 WIB terlihat satu persatu memasuki ruangan aula Hotel Orchadz di Jalan Perdana Pontianak. Hal tersebut dalam rangka mengikuti acara pelepasan jemaah haji Kloter 28 Kalimantan Barat secara resmi oleh Gubernur Provinsi Kalbar, H.Sutarmidji,SH,M.Hum.

Saat memasuki ruangan aula satu persatu jemaah haji Kota Pontianak yang berjumlah 168 orang melewati pemeriksaan petugas x-ray, dengan mengangkat kedua tangannya untuk diperiksa oleh petugas dengan alat detector. Sebelumnya itu, para jemaah memasukan tas, koper kecil dan barang lainnya ke mesin x ray. Hal tersebut dilakukan untuk mengetahui apakah para jama’ah ada membawa barang-barang yang tidak diperbolehkan. Jika berdasarkan alat xray terdeteksi ada koper yang membawa barang yang mencurigakan maka koper tersebut akan diminta segera dibuka oleh jemaah bersangkutan, barang yang mencurigakan langsung dikeluarkan dari koper tersebut.

Jika tidak ada barang yang terdeteksi maka para jemaah haji langsung dipersilahkan duduk dikursi-kursi yang sudah disiapkan oleh panitia haji daerah Provinsi Kalimantan Barat. Para jemaah mendengarkan pengarahan dari panitia sambil menikmati snack yang dibagikan. Kemudian para jemaah melantunkan talbiyah secara bersama-sama yang dipimpin oleh panitia. Berikutnya, satu persatu  disebut namanya untuk diabsensi kehadirannya. Setiap nama yang disebut harus merespon dengan menyebut kata hadir. 

Pada saat memasuki waktu sholat ashar, para jemaah naik ke lantai dua, untuk berwudhu dan menunaikan sholat ashar secara berjama’ah. Setelah selesai sholat mereka kembali memasuki ruangan aula untuk mengikuti acara pelepasan resmi oleh gubernur . Pada acara pelepasan para jemaah berdo’a bersama untuk kemudahan, kelancaran dan keselamatan yang dipimpin oleh H. Ekhsan,S.Ag. Kemudian para jemaah mendengarkan pengarahan dari Walikota Pontianak, H.Edi Rusdi Kamtono,MM,MT. Selanjutnya, mendengarkan pengarahan dan pelepasan secara resmi dari Gubernur Kalimantan Barat, H.Sutarmidji, SH,M.Hum.

Setelah itu  para jemaah haji diarahkan oleh panitia bergerak keluar dari aula pelepasan, menuju armada bus Damri yang sudah menunggu sejak acara seremonial berlangsung. Satu persatu calon jema’ah haji menaiki mobil Damri yang berjumlah tujuh unit , setiap unitnya memiliki 34 kursi penumpang. Dan untuk para CJH yang menggunakan kursi roda mereka dibantu oleh para petugas dinaikan ke mobil ambulance yang berjumlah empat unit.

Terlihat para pejabat menyaksikan jemaah naik bus keberangkatan, diantaranya Gubernur Kalimantan Barat, H.Sutarmidji,SH,M.Hum, Sekda Provinsi Kalimantan Barat, dr.Harisson, M.Kes, Walikota Pontianak, H.Edi Rusdi Kamtono,MM, Kepala Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Kalbar, Dr. H. Muhajirin Yanis, M.Pd.I, Kabag Tata Usaha, Kaharudin,S.Ag, Kabid PHU Kemenag Kalbar, Kamaludin, M.Pd dan lain-lainnya.

0 Response to "Jemaah Haji Kota Pontianak Kloter 28 Masuk Aula Pemberangkatan"

Posting Komentar