KEMENAG PONTIANAK

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA PONTIANAK, JL. ZAINUDDIN NO.4 KOTA PONTIANAK

Tahun 2020, Hewan Qurban di Lingkungan Masjid Ath-Taqwa Sungai Jawi Pontianak Meningkat

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ


Jumlah hewan yang dipotong  di lingkungan Masjid Ath-Taqwa Pontianak yang beralamat di Jalan Tebu,Kelurahan Sungai Beliung,Kecamatan Pontianak Barat, pada tahun 2020 mengalami peningkatan. Hal ini diketahui berdasarkan informasi yang disampaikan oleh ketua panitia, Ronie Dharwanto,SE ketika ditemui ditempat kerjanya Kemenag Kota Pontianak ,rabu (4/8/2020) . “Pembagian diperbanyak ,data RT bertambah dari yang kemarin,data sesuai zakat idul fitri ditambah karena sapinya sepuluh ekor,kambingnya dua puluh dua,” kata PNS Kantor Kemenag Kota Pontianak ini menjelaskan.

Penyembelihan sapi dan kambing serta pendistribusian daging di lingkungan Masjid tersebut dilaksanakan dalam rangka pelaksanaan ibadah qurban tahun tahun 1441 H/2020. Penyembelihan hewan qurban pada tahun 2020 jauh lebih banyak dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, hal ini dikarenakan jumlah sapi ditambah kambing yang dipotong sebanyak tiga puluh dua ekor. Yang terbagi menjadi sepuluh ekor sapi dan dua puluh dua ekor kambing. Berdasarkan data qurban yang ada pada tahun 2019 ,hewan qurban berjumlah duapuluh satu ekor,terinci sapi berjumlah enam ekor dan kambing lima belas ekor. Tahun 2018 , berjumlah duapuluh lima ekor,yakni sapi sebanyak lima ekor dan kambing duapuluh ekor. Tahun 2017,sebanyak duapuluh dua hewan qurban yang terdiri dari lima sapi dan tujuh belas ekor kambing.

Ronie juga mengatakan bahwa waktu pelaksanaan penyembelihan hewan qurban tahun ini sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya , yang mana dilakukan selama dua hari berturut-turut. “jam sembilan potong kambing, jam sebelas istirahat. Dilanjutkan lagi setelah shalat jum’at memotong tiga sapi. Kemudian tujuh ekornya lagi pada hari sabtu,” jelasnya.

Agar pelaksanaan ibadah qurban ini berjalan lancar selain berdo’a minta kelacaran dan keamanan kepada Allah SWT, panitia juga melibat pihak keamanan dalam kegiatan ini. “Pengamannya polisi seKtor barat dua orang,tentara dua orang,” paparnya.

Dan untuk menjamin kesehatan daging-daging qurban yang didistribusikan kepada yang berhak menerimanya , panitia ibadah qurban melibat petugas pengawas pemotongan ternak dari Dinas Pangan, Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Kalbar untuk melakukan pemeriksaan.

Setelah semua proses selesai dilakukan , yakni mulai dari penyembelihan hewan qurban , pengulitan , pencacahan daging dan tulang ,pemeriksaan daging dan organ, pemasukan daging ke kantong-kantong, penimbangan daging selesai, selanjutnya daging –daging tersebut didistribusikan  kepada masyarakat yang berhak menerimanya berdasarkan data-data yang ada pada panitia. “ Data dari RT, panitia mendrop daging-daging ke RT masing-masing,” ungkapnya.

Alhamdulillah, berkat rahmat Allah SWT serta kerjasama panitia dengan pihak lainnya, kegiatan ibadah qurban di lingkungan Masjid Ath-Taqwa di tahun 2020 berjalan dengan sukses. “ Pelaksanaan ibadah qurban ,aman dan lancar,” pungkasnya.

0 Response to "Tahun 2020, Hewan Qurban di Lingkungan Masjid Ath-Taqwa Sungai Jawi Pontianak Meningkat"

Posting Komentar