KEMENAG PONTIANAK

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA PONTIANAK, JL. ZAINUDDIN NO.4 KOTA PONTIANAK

Panitia Ibadah Qurban Masjid Al-Ikhwan Pemda Pontianak Sukses Potong 5 Sapi 20 Kambing

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

 

Pengurus Masjid Al-Ikhwan Komplek Pemda Pontianak periode 2020-2023 yang beberapa waktu lalu telah dikukuhkan secara resmi kepengurusannya oleh Kantor Kementerian Agama Kota Pontianak ,sudah memperlihatkan kiprahnya. Satu diantaranya ,melalui kepanitiaan yang telah dibentuk  menyelenggarakan kegiatan penerimaan hewan qurban, penyembelihan dan pendistribusian daging qurban kepada yang berhak menerimanya dalam rangka ibadah qurban tahun 2020.

Kepanitiaan Ibadah Qurban Masjid Al-Ikhwan Komplek Pemda Pontianak pada hari sabtu tanggal 1 Agustus 2020 ,mulai pagi sampai siang hari, menggelar kegiatan penyembelihan sapi dan kambing di sekitar masjid. Sebanyak lima ekor sapi dan lebih kurang 20 ekor kambing berhasil dipotong. Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka pelaksanaan ibadah qurban 1441 Hijriyah atau tahun 2020.

Sebelum kegiatan dilaksanakan terlebih dahulu dilaksanakan acara pembukaan. Pada acara pembukaan tersebut dilakukan pengecekan kehadiran dan kelengkapan kepanitiaan, kemudian  sambutan dan pengarahan ketua pengurus Masjid Al-Ikhwan yang disampaikan oleh Drs.H. Jarminto. Selanjutnya, penyerahan hewan qurban dari orang yang berqurban ke pada panitia yang diserahkan secara simbolik diwakili oleh Syarif Ali kepada ketua masjid. Seterusnya ketua masjid menyerahkan amanah tersebut kepada ketua panitia ibadah qurban ,Sarkawi,A.Md. Agar kegiatan ibadah qurban ini berjalan dengan aman ,tertib dan lancar serta diberkahi oleh Allah SWT , sebelum acara pembukaan ditutup ,terlebih dahulu dilakukan pembacaan do'a bersama-sama yang dipimpin oleh Pengurus Masjid Wakil Ketua Bidang Imarah yakni Drs.H. Sulaiman Salim,pensiunan PNS Kemenag Kota Pontianak. Pada acara pembukaan tersebut selain dihadiri para anggota kepanitiaan, juga terlihat hadir sebagian jama'ah yang berqurban, juga petugas pengawas pemotongan ternak dari Dinas Pangan, Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Kalbar, DRH.Yerikho. Setelah selesai acara pembukaan ,barulah dilanjutkan dengan kegiatan penyembelihan hewan qurban .

Sebanyak lebih kurang 43 orang dari Kepanitiaan Ibadah Qurban yang dibentuk pada tanggal 24 Juli 2020, terlihat sibuk bekerja sama untuk mensukseskan pelaksanaan ibadah qurban ini .mulai dari pemotongan hewan qurbannya, pengulitan, pencacahan tulang dan daging, penimbangan dan memasukan ke kantong-kantong serta pendistribusian kepada yang berkurban dan yang berhak menerimanya.

Namun sebelum daging dan organ sapi-kambing tersebut didistribusikan, harus diperiksa terlebih dahulu ,untuk melihat apakah daging-daging tersebut sehat dan layak dikonsumsi. Pemeriksaan dilakukan oleh petugas yang berkompeten dibidangnya,satu diantaranya yakni DRH.Yerikho,petugas pengawas pemotongan ternak yang merupakan Dokter Hewan dari Dinas Pangan, Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Kalimantan Barat. Berdasarkan dari pemeriksaan yang dilakukan oleh petugas tersebut  ditemukan satu hati sapi, dinyatakan tidak layak untuk dikonsumsi. Hal tersebut karena tercemar oleh cacing-cacing yang berbahaya.Berdasarkan pertimbangan kesehatan maka panitia memutuskan bahwa daging tersebut dibuang dan dikuburkan karena berbahaya jika sampai didistribusikan dan dikonsumsi oleh manusia.

Alhamdulillah , dengan rahmat Allah SWT , kerjasama kepanitian dan semua pihak yang terkait kegiatan pelaksanaan ibadah qurban tahun 2020,yang dimulai dari penerimaan hewan qurban, pemeliharaan,penyembelihan,pengulitan ,pencacahan daging-tulang, penimbangan,pemasukan kekantong serta pendistibusian daging qurban di lingkungan Masjid Al-Ikhwan Komplek Pemda Jl.Apel Pontianak  ini berjalan dengan tertib dan lancar serta sukses.

0 Response to "Panitia Ibadah Qurban Masjid Al-Ikhwan Pemda Pontianak Sukses Potong 5 Sapi 20 Kambing"

Posting Komentar