KEMENAG PONTIANAK

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA PONTIANAK, JL. ZAINUDDIN NO.4 KOTA PONTIANAK

Panitia Qurban Masjid Syaiful Islam Laksanakan Pemotongan Kambing dan Sapi.

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

 

Masjid Syaiful Islam yang beralamat di Jalan Thabrani Ahmad, Kelurahan Sui.Beliung, Kecamatan Pontianak Barat melalui kepanitiaan qurban tahun 2020, pada hari Jum’at dan sabtu ,tanggal 31 Juli 2020 dan 1 Agustus 2020 menggelar kegiatan pemotongan kambing dan sapi . Penyembeliahan tersebut dilaksanakan dalam rangka merayakan Idul Adha dan Ibadah Qurban tahun 2020 atau 1441 Hijriyah.

Sekitar tiga puluh tiga ekor hewan qurban dipotong oleh Panitia Ibadah Qurban tahun 2020. “kambing dua puluh, sapi tiga belas ,” papar Nursahid , Pegawai Kemenag Provinsi Kalbar yang merupakan ketua panitia ,ketika dimintai keterangan terkait jumlah hewan qurban yang akan dipotong lingkungan Masjid Syaiful Islam, beberapa jam setelah shalat idul’adha atau sebelum kegiatan penyembelihan di lakukan.

Kemudian dalam pelaksanaanya, ternyata ada penambahan sapi qurban lagi, yakni sebanyak dua ekor. berarti jumlah hewan qurban sebelumnya tiga puluh tiga ekor ,menjadi tiga puluh lima ekor .informasi tersebut diperoleh dari anggota panitia, Eny Kurniaty, penyuluh PNS Agama Islam Kemenag Kota Pontianak minggu,9 Agustus 2020." sapi lima belas, tambah dua, karena lebih murah dibandingkan ditempat lain yakni dua juta lima ratus ribu rupiah," paparnya.

Jika melihat jumlah hewan qurban pada tahun 2020 Ini berarti adanya trend peningkatan jumlah hewan qurban , khususnya sapi yang dipotong oleh panitia pada tahun 2017,2018 dan 2019. Karena pada tahun 2017 jumlah hewan qurban sebanyak tujuh belas ekor hewan qurban yang terdiri dari tujuh ekor sapi dan sepuluh ekor kambing. Adapun di tahun 2018 jumlah hewan qurban sebanyak dua puluh sembilan ekor hewan qurban, yang terdiri dari sepuluh  ekor sapi dan sembilan belas ekor kambing. Tahun 2019 ,jumlah hewan qurban , sebelas ekor sapi dan delapan belas ekor kambing. Berarti ada peningkatan Empat ekor sapi dan dua ekor kambing di tahun 2020 jika dibandingkan dengan tahun 2019.

Adapun waktu penyembelihan hewan qurban di lingkungan Masjid Syaiful Islam dilakukan selama dua hari yakni pada hari jum’at dan hari sabtu. Pada waktu pelaksanaannya, berdasarkan informasi yang ada berjalan lancar dan sukses, yang mana setelah semua proses selesai dikerjakan, yaitu mulai dari pemotongan kambing dan sapi qurban , pengulitan , pencacahan daging dan tulang, pemasukan daging ke kantong-kantong, penimbangan daging selesai, barulah daging –daging tersebut dibagikan  kepada masyarakat yang berhak menerimanya, diantaranya dengan menggunakan kupon-kupon yang dibagikan oleh panitia. Sebelumnya panitia sudah melakukan kegiatan pendataan, siapa saja yang berhak menerima daging – daging qurban tersebut dan berapa kupon yang harus dipersiapkan .

0 Response to "Panitia Qurban Masjid Syaiful Islam Laksanakan Pemotongan Kambing dan Sapi."

Posting Komentar