KEMENAG PONTIANAK

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA PONTIANAK, JL. ZAINUDDIN NO.4 KOTA PONTIANAK

TAHUN 2020, 37 HEWAN QURBAN DI LINGKUNGAN MASJID SIRAJUDDIN PONTIANAK

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ


Penyembelihan hewan qurban di lingkungan Masjid Sirajuddin beralamat Jalan Apel Kelurahan Sungai Jawi Luar , Pontianak Barat pada tahun 2020 ini mengalami peningkatan dibandingkan dengan tahun 2019. Hal ini berdasarkan informasi yang disampaikan oleh panitia penyembelihan qurban, Makmur,A.Ma ,rabu (6/8/2020).

“ Sapi enam belas, kambing dua puluh satu,” katanya ketika dimintai keterangan terkait jumlah hewan qurban yang disembelih dalam rangka  hari raya idul ‘adha dan ibadah qurban tahun 1441 Hijriyah atau tahun 2020 .

Sebagaimana diketahui pada tahun 2019 , jumlah hewan qurban yang berhasil dikumpulkan dan dipotong oleh panitia qurban sebanyak dua puluh sembilan ekor ,yang terdiri dari enam belas ekor sapi dan enambelas ekor kambing. Ini berarti jumlah hewan qurban di tahun 2020 mengalami peningkatan dibandingkan dengan tahun 2019. Karena pada tahun 2020 jumlah hewan qurban mencapai sebanyak tiga puluh tujuh ekor, yang meliputi enam belas ekor sapi dan duapuluh satu ekor kambing. Jadi ada penambahan sebanyak delapan ekor dibanding tahun 2019.

Adapun proses penyembelihan dan pendistribusian daging qurban kepada jam’ah yang berqurban dan masyarakat lainnya dilakukan pada hari sabtu ,1 Agustus 2020/ 11 Dzulhijjah 1441 H, sehari setelah shalat idul ‘adha.

Setelah semua sapi dan kambing tersebut selesai dipotong ,dikuliti, dicacah, ditimbang dan dimasukan kedalam kantong plastik maka daging qurban kemudian didistribusikankan  oleh panitia kepada warga yang berhak menerimanya berdasarkan data yang dimiliki oleh panitia.

 “ Penyaluran daging didrop ke RT, jumlah daging yang disalurkan kurang lebih 1500 kantong, diluar jatah yang berkorban,” ungkap Penyuluh Non PNS Kantor Kemenag Kota Pontianak ini ketika ditanya terkait pendistribusian dan jumlah kantog daging yang dibagikan.

Makmur juga menyampaikan bahwa proses pelaksanaan ibadah qurban tahun 2020 di lingkungan Masjid Sirajuddin Pontianak berjalan dengan baik. “ Alhamdulillah lancar dan tertib,” pungkas ustadz TPA/TPQ ini. (Gwn).


0 Response to "TAHUN 2020, 37 HEWAN QURBAN DI LINGKUNGAN MASJID SIRAJUDDIN PONTIANAK"

Posting Komentar