KEMENAG PONTIANAK

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA PONTIANAK, JL. ZAINUDDIN NO.4 KOTA PONTIANAK

MALAM SYUKURAN HAB KE 70 DI KEMENAG KOTA PONTIANAK

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ





Seperti tahun sebelumnya, dalam rangka menutup rangkaian kegiatan peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agama Republik Indonesia di Kantor Kemenag Kota Pontianak , panitia yang di ketuai H. Abdulbar,S.Ag ,M.Pd melaksanakan Acara Malam Ramah Tamah dan Syukuran di Grand Kartika Hotel Jalan Rahadi Oesman Pontianak. Acara yang dilaksanakan pada hari, kamis (07/01/2016) mulai pukul 19.00 sampai dengan 22.00 WIB di hadiri oleh keluarga besar pegawai  lingkungan Kankemenag Kota Pontianak yang terdiri dari kepala kantor, para kasi/penyelenggara, kepala KUA , penghulu, penyuluh agama, Pengawas Sekolah/Madrasah, kepala madrasah, guru, staf pelaksana administrasi, tenaga honorer. Hadir pula pada acara yang penuh keakraban tersebut Drs. H. Syahrul Yadi, M.Si Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat beserta istri, Widodo,S.H DPRD Kota Pontianak, Kepala Kemenag Kabupaten Kubu Raya H.Mudjazie Bermawie, mantan Kakanwil Kemang Kalbar H.Husein Daeng Mahmud,S.Sos, Ketua MUI Kota Pontianak, Pengurus FKUB Kota Pontianak, pimpinan BRI Cabang Barito Pontianak, Bank Kalbar Syari’ah, Bank Syari’ah Mandiri, Istri almarhum Asy’ari Dr. Hj. Lailial Muhtifah dan undangan lainnya.




Acara ini dibuka dengan pembacaan kalam ilahi oleh Rita Hamdan, dilanjutkan dengan laporan ketua panitia H. Abdulbar,S.Ag,M.Pd, sambutan kepala Kantor Kemenag Kota Pontinak Drs. H. Ja’far. A, M.Si, sambutan Kakanwil Kemenag Prov.Kalbar Drs. H. Syahrul Yadi, M.Si , penyerahan tali asih dan bantuan dan ditutup dengan pembacaan doa oleh ustadz Jalaluddin,Lc Ketua MUI Kota Pontianak. Kegiatan ini dimeriahkan dengan persembahan Kesenian Hadrah dan Shalawat Nabi oleh Siswa-siswa MAS Adabiy Pontianak, Kesenian Tari Jepin oleh Siswa-siswi Fillial MAN 2 Pontianak, Kesenian Tundang dari siswa-siswa MTs Al-Ma’arif Pontianak.



Dalam laporannya, Ketua Panitia Pelaksana Peringatan HAB ke-70 ini H. Abdulbar, S.Ag , M.Pd menyampaikan tujuan dilaksanakannya kegiatan peringatan HAB .” Penyelenggaraan kegiatan HAB ke 70 ini bertujuan untuk memperingati berdirinya Kementerian Agama yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya, yang akan menjadi tantangan bagi kita untuk mewujudkan supremasi nilai-nilai Ketuhanan dan keagamaan sebagai spirit pembangunan bangsa yang tidak tergantikan, sesuai dengan tema kita meneguhkan revolusi mental untuk Kementerian Agama yang bersih dan melayani,” tuturnya.




Pada kesempatan yang berbahagia tersebut ,Abdulbar menyampaikan harapan dari peringatan HAB ke-70 tahun 2016 .” Peringatan Hari Amal Bhakti diharapkan memperkuat komitmen Aparatur Kementerian Agama terhadap integritas , etos kerja dan gotong royong diera revolusi mental sekarang ini. Seiring dengan itu kita mewujudkan lima budaya kerja Kementerian Agama yaitu integritas, profesionalitas, inovatif, tanggungjawab dan keteladanan,” harapnya.

Kasubbag Tata Usaha Kemenag Kota Pontianak ini memaparkan kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh panitia dalam rangka HAB ke 70 ini.” Kegiatan pertama yaitu Jalan Sehat dan Jalan Kerukunan yang dilaksanakan pada hari minggu tanggal 27 Desember 2015 , diikuti keluarga besar Kemeterian Agama Pontianak dan masyarakat sekitarnya. Yang kedua Upacara HAB yang dilakukan pada hari minggu tanggal 3 Januari 2016 di MAN 2 Pontianak yang diikuti seluruh satker Kemenag Kota Pontianak. Yang ketiga ziarah dan tahlilan terhadap almahum Asy’ari mantan Kepala Kankemenag Kota Pontianak pada tanggal 3 Januari 2016. Keempat, malam syukuran yang dilaksanakan pada malam ini dengan agenda pemberian bantuan sosial kepada masyarakat kota pontianak yang berasal dari zakat profesi karyawan Kantor Kemenag Kota Pontianak melalui UPZnya. Mari kita beri uplus untuk karyawan Kemenag Kota Pontianak.,” paparnya disambut dengan tepuk tangan para hadirin.

Terkait dengan bantuan sosial kepada 138 orang yang kurang mampu, pejabat yang aktif di kepengurusan LPTQ Kota Pontianak ini menjelaskan ada empat macam  .” Ini tahun pertama,tahun depan insyaallah kita tingkatkan quotanya. Bantuan tersebut pertama, bantuan bedah rumah ringan, yang kedua bantuan petugas fardhu kifayah, yang ketiga bantuan untuk guru ngaji tradisional dan yang keempat bantuan kepada anak yatim piatu,” jelasnya.

Dalam sambutannya, Drs. H. Ja’far.A , M.Si Kepala Kantor Kemenag Kota Pontianak mengajak keluarga besar kemenag kota pontianak untuk mensyukuri dan memaknai peringatan HAB ke 70. “ Kita ditawarkan revolusi mental . Revolusi mental itu ada lima budaya kerja ada integritasnya, profesionalitasnya, inovasinya, tanggungjawabnya dan keteladanannya.Budaya kerja ini sebenarnya bukan hanya untuk kita hafal, bukan hanya kita jadikan pin.Tapi yang terpenting lima budaya kerja ini mampu merubah mindset kita, yang perlu dirubah saat ini adalah mindsetnya. Dipastikan kalau mindsetnya tidak berubah , pasti kultursetnya juga tidak berubah. Untuk merubah mindset yang biasa itu sulit karena sistem. Didalam pidato Menteri Agama mengatakan dalam sistem yang baik orang yang tidak jujur menjadi jujur dia, itu sistem yang baik. Tapi sistem yang buruk orang jujur menjadi tidak jujur. Contoh waktu anda pergi ke Kucing (serawak) pakai mobil, waktu masih di indonesia semrawut kita berkendaraan. Tapi begitu anda lewat lintas batas negara ,anda wajib patuh, tidak patuh anda di kejar. Sebaliknya, orang sana yang bagus sistemnya begitu masuk lintas batas Indonesia, yang tadinya tertib juga menjadi semerawutan, itu system. Makanya system yang pertama harus kita perbaiki. Kemarin bukan tidak baik tapi belum sempurna,” ujarnya.

Pejabat nomor satu di Kemenag Kota Pontianak mengucapakan terima kasih dengan dilaksanakannya kegiatan ini. “saya mengucapkan terima kasih kepada semuanya yang mensukseskan kegiatan ini,” katanya.

Setelah sambutan Kepala Kankemenag Kota Pontianak dilanjutkan dengan sambutan dan arahan Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat. Drs. H. Syahrul Yadi, M.Si mengajak agar pegawai kementerian agama selalu ramah dan tamah. “ Orang kementerian agama harus ramah plus tamah. Apa itu tamah, tamah artinya taat dan yang kedua harus mahir. Jadi, tamah itu taat dan mahir baru cocok. Kalau hanya ramah saja, tidak taat dan mahir kementerian agama saya khawatir bukan hanya ditinggalkan bahkan diri kita juga merasa tidak menyenangi kementerian agama itu sendiri,” ajaknya.

Pada malam yang berbahagia ini juga diisi dengan acara penyerahan tali asih yang disampaikan oleh Drs. H. Ja’far.A , M.Si Kakankemenag Kota Pontinak kepada para pensiunan pejabat lingkungan Kemenag Kota Pontianak dan Kanwil Kemenag Prov. Kalimantan Barat yang terdiri dari Drs. H. Rasmi Sattar,M.Pd purna Kakanwil Kemenag Prov.Kalbar, H.Husein Daeng Mahmud,S.Sos purna Kakanwil Kemang Kalbar, H. Syamsuri,SH, purna Kakankemenag Kota Pontianak, Drs.H. M. Basri Har purna Kabag T.U Kanwil Kemenag Prov.Kalbar, H. Ponijan Sagiman,SH purna Kakankemenag Kota Pontianak, Dr. Hj. Lailial Muhtifah Asy’ari istri almarhum H. Asyari,S.Ag, Drs.H. M.Ali mantan Kakankemenag Kota Pontianak, Ummi Kalsum istri almarhum Mahmud Arsyad, Drs. H. Momon Salmon,M.Pd pensiunan Pegawas Guru Agama Islam/Madrasah Kemenag Kota Pontianak, Drs. Aminuddin Arianto,M.Si pensiunan Pegawas Guru Agama Kristen Kemenag Kota Pontianak .

Alhamdulillah , atas rahmat Allah SWT dan dukungan ,kerjasama semua pihak kegiatan ramah tamah dan syukuran ini berjalan sukses.(Gwn_Ptk)


sumber : http://kalbar.kemenag.go.id/index.php?a=berita&id=321459




Foto-foto seputar Acara Malam Ramah Tamah dan Syukuran HAB ke 70 Di Kemenag Kota Pontianak .







































































































































































































































































































Foto-foto menjamu para penerima bantuan












0 Response to "MALAM SYUKURAN HAB KE 70 DI KEMENAG KOTA PONTIANAK"

Posting Komentar