KEMENAG PONTIANAK

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA PONTIANAK, JL. ZAINUDDIN NO.4 KOTA PONTIANAK

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

Semarak STQ Ke 23 Tingkat Kota Pontianak Tahun 2015

Panitia Pelaksana Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) ke-23 Tingkat Kota Pontianak Tahun 2015 pada hari jum’at(06/02/2014) pukul 08.00 WIB mengelar acara pembukaan di Komplek Masjid Al-Ihsan Jl. Paralel Sui. Jawi Pontianak.
Sebelum acara pembukaan dimulai, pada waktu ba’da isya terlebih dahulu dilaksanakan kegiatan pawai yang diikuti para peserta STQ, panitia dan undangan di mulai dari masjid agung Al-Falah Sui Jawi Pontianak menuju Komplek Masjid Al-Ihsan Jl. Paralel. Pawai tersebut dimeriahkan dengan Drumband MAN 2 Pontianak,Tanjidor, Tar dan api obor.
Para peserta STQ ke-23 ini yang mengikuti pawai/defile berasal dari lima kafilah. Kafilah Kecamatan Pontianak Barat berjumlah 14 orang yakni tilawah anak 2 orang, tilawah dewasa 4 orang, Hifzil 1 Juz 2 orang, Hifzil 5 Juz 2 orang, Hifzil 10 Juz 2 orang, Hifzil 20 Juz 1 orang, Hifzil 30 Juz 1 orang.
Kafilah Kecamatan Pontianak Selatan berjumlah 12 orang yakni tilawah anak 2 orang, tilawah dewasa 4 orang, Hifzil 1 Juz 2 orang, Hifzil 5 Juz 2 orang, Hifzil 10 Juz 2 orang. Kafilah Kecamatan Pontianak tenggara berjumlah 11 orang yakni tilawah anak 2 orang, tilawah dewasa 3 orang, Hifzil 1 Juz 2 orang, Hifzil 5 Juz 2 orang, Hifzil 10 Juz 2 orang.
Kafilah Kecamatan Pontianak Timur berjumlah 15 orang yakni tilawah anak 2 orang, tilawah dewasa 4 orang, Hifzil 1 Juz 2 orang, Hifzil 5 Juz 2 orang, Hifzil 10 Juz 2 orang, Hifzil 20 Juz 2 orang, Hifzil 30 Juz 1 orang. Kafilah Kecamatan Pontianak Utara berjumlah 15 orang yakni tilawah anak 2 orang, tilawah dewasa 4 orang, Hifzil 1 Juz 2 orang, Hifzil 5 Juz 2 orang, Hifzil 10 Juz 2 orang, Hifzil 20 Juz 2 orang, Hifzil 30 Juz 1 orang.
Kafilah Kecamatan Pontianak Kota berjumlah 10 orang yakni tilawah anak 2 orang, tilawah dewasa 4 orang, Hifzil 1 Juz 2 orang, Hifzil 5 Juz 1 orang, Hifzil 10 Juz 1 orang.
Kegiatan pembukaan STQ ke- 23 kali ini dihadiri Walikota Pontianak H. Sutarmidji,S.H, M.Hum , Wakil Wali Kota Pontianak Ir. H. Edi Rusdi Kamtono, MM,MT, Wakil ketua DPRD Kota Pontianak Firdaus Zar’ain, Sekda Kota Pontianak H.M.Akip,SH,MM, Ketua LPTQ Kota Pontianak Dr. H. Mulyadi, M.Si, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Pontianak Drs. H. Dja’far.A , M.Si, Camat se-kota Pontianak, Lurah Kota Pontianak, Kepala KUA, Tokoh Agama Islam, Tokoh Masyarakat ,peserta seleksi dan lain-lainnya.
Nampak pula pada acara tersebut Kasubbag Tata Usaha Kemenag Kota Pontianak H. Abdulbar,S.Ag , M.Pd yang juga merupakan Wakil ketua III di kepanitiaan STQ ke-23 Tingkat Kota Pontianak Tahun 2015 ini. Acara pembukaan dimulai dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an dengan merdu oleh Hj. Dahlia Ahmad, S.Pd , kemudian pembacaan do’a yang dipimpin oleh Ustadz Jalaludin Akhmad,Lc.
Setelah itu menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia raya oleh para hadirin dan mars MTQ oleh paduan suara. Setelah itu diteruskan dengan penyampaian laporan ketua panitia oleh Sa`roni ,SE yang juga merupakan Kepala Kantor Camat Pontianak Kota. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan ketua LPTQ Kota Pontianak Dr. H. Mulyadi, M.Si,.
Setelah itu sambutan Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Pontianak Drs. H. Dja’far.A , M.Si. Acara selanjutnya pembacaan surat keputusan wali kota pontianak tentang pengangkatan dewan hakim STQ ke-23 dan pengukuhan dewan hakim yang terdiri dari 20 orang. Setelah itu sambutan wali kota pontianak yang sekaligus membuka secara resmi kegiatan STQ ke-23 tingkat kota pontianak tahun 2015 ditandai dengan pemukulan beduk yang diiringi dengan hadrah dan tar dan rahim.
Dalam laporannya ketua panitia pelaksana Saroni ,SE mengatakan ada tiga dasar pelaksanaan kegiatan.”Adapun dasar dari pelaksanaan STQ ke 23 Tingkat Kota di Kecamatan Pontianak Kota Tahun 2015, pertama, SK Wali Kota Pontianak Nomor 22/KESRA/2015 tentang penetapan lokasi STQ ke-23 tahun 2015. Kedua, SK Wali Kota Pontianak Nomor 19/KESRA/2015 tentang panitia STQ ke-23 Tingkat Kota Pontianak Tahun 2015.
Ketiga, SK Wali Kota Pontianak nomor 175/KESRA/2015 tentang pengangkatan dewan hakim,”katanya didepan para hadirin. Saroni ,SE mengatakan waktu pelaksanaan dan cabang – cabang yang diperlombakan pada kegiatan STQ ke 23. “ Adapun kegiatan dilaksanakan mulai tanggal 6 sampai dengan 10 Februari tahun 2015.
Cabang yang diperlombakan adalah tilawah dewasa putra putri, tilawah anak-anak putra putri, Hifzil 1 Juz putra putri, Hifzil 5 Juz putra putri, Hifzil 10 Juz putra putri, Hifzil 20 Juz putra putri, Hifzil 30 Juz putra putri. Total seluruhnya 78 peserta ,” tuturnya.
Camat Pontianak Kota tersebut mengatakan harapan yang ingin dicapai dari kegiatan ini.” Pertama, mudah-mudahan output kualitas dari tilawah,qori’ qoriah, hafizh hafizhah keluarannya terbaik untuk dikirim di tingkat provinsi. Kedua , momentum kegiatan ini adalah sebagai syiar agama islam untuk meningkatkan keimanan muslimin muslimat khususnya segi baca Al Qur’an.
Ketiga, dilaksanakan di Jalan parallel supaya percepatan pembangunan jalan paralel guna membuka kawasan ekonomi baru, sesuai dengan harapan wali kota tahun 2016 sudah selesai,” ungkapnya.
Ketua LPTQ Kota Pontianak Dr. H. Mulyadi, M.Si dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada panitia. “ pada kesempatan ini saya mengucapkan terima kasih kepada panitia yang telah bekerja sebaik-baiknya sehingga kegiatan ini bisa dilaksanakan,” katanya. Kepala Dinas Pendidikan kota pontianak ini juga menuturkan kegiatan ini dalam rangka persiapan menghadapi STQ tingkat provinsi.“ Para pemenangnya akan mewakili kota pontianak tingkat provinsi yang pelaksanaannya februari atau bulan maret,” tuturnya.
Dalam sambutannya, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Pontianak Drs. H. Dja’far.A , M.Si mengucapkan terima kasih kepada wali kota pontianak dan panitia kegiatan STQ. “kami atas nama Kantor Kementerian Agama Kota Pontianak mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada bapak wali kota dan seluruh jajarannya , yang senantiasa berusaha terus menerus hampir tidak ada waktunya untuk istirahat dalam rangka melayani masyarakat, sehingga masyarakat kota pontianak semakin bergairah melaksanakan ajaran agamanya masing-masing, kerukunan terjaga.
Kami juga mengucapkan terima kasih kepada panitia yang sudah bekerja keras melaksanakan kegiatan ini semoga kerja keras panitia menjadi amal ibadah,”tuturnya. Pada acara tersebut wali kota pontianak mengukuhkan dewan hakim kegiatan STQ ke 23 .
“Bismillahirrahmaanirrahiim, pada hari ini saya wali kota pontianak Dengan ini mengukuhkan saudara-saudara sebagai dewan hakim seleksi musabaqah tilawatil qur’an ke 23 Tingkat Kota Pontianak tahun 2015.
Semoga saudara-saudara dapat melaksanakan tugas dengan baik dan penuh tanggungjawab,”pintanya. Dalam sambutannya wali kota pontianak H. Sutarmidji,S.H, M.Hum memaparkan tentang program-program pembangunan yang sudah dilaksanakan,dicapai dan rencana-rencana pembangunan yang akan dilaksanakannya.
Pada kesempatan tersebut ,Wali Kota pontianak mengatakan agar peserta STQ ke 23 yang masih berstatus pelajar SMU agar diberikan beasisiwa prestasi.Setelah memberikan sambutannya wali kota pontianak membuka kegiatan STQ ke 23 secara resmi dengan memukul beduk.


http://kalbar.kemenag.go.id/index.php?a=berita&id=238504

0 Response to " "

Posting Komentar