KEMENAG PONTIANAK

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA PONTIANAK, JL. ZAINUDDIN NO.4 KOTA PONTIANAK

Bangunan Kantor Kemenag Kota Pontianak Dalam Proses Uji Kelayakan

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ



Kantor Kementerian Agama Kota Pontianak yang beralamat di Jalan Zainuddin no.4 pada hari selasa (15/5) menerima kedatangan tim dari Cipta Karya Kota Pontianak. Kehadiran para petugas tersebut dalam rangka melakukan kegiatan penilaian kelayakan bagunan Kantor Kemenag Kota Pontianak . Tim tersebut berjumlah empat orang yang terdiri dari A. Ruanda Yanuar, Hendra, Kamarudin, Arie. Sebelumnya melalui  Subbag Tata Usaha, Kemenag Kota Pontianak telah mengirimkan surat permintaan kepada Cipta Karya untuk melakukan penilaian tersebut.

Setelah diterima langsung oleh Sunardi,SH,M.Si ,Kepala Subbag Tata Usaha Kemenag Kota Pontianak di ruang kerjanya dan berkomunikasi beberapa saat tim pun melakukan pegukuran dan pengamatan terhadap bagunan kantor kemenag yang dipimpin oleh H. Ekhsan, S.Ag, M.Si ini. Pengukuran dimulai dari bagian depan kantor dan di lanjutkan ke bagian belakang kantor. Kemudian petugas dari Cipta Karya tersebut melakukan pengamatan dengan melihat-lihat bagian – bagian dari bagunan kantor tersebut. Petugas masuk ke ruangan penyelenggara haji dan umrah yang di kepalai oleh Syamsul Bahri,S.Ag, M.Si untuk melakukan pengamatan dan pemotretan bagian-bagian dari ruangan tersebut .Terlihat banyak sekali berkas-berkas dan arsip yang berkaitan dengan pelayanan haji dan umrah di ruangan yang terlihat sempit ini. Kemudian , petugas Cipta Karya masuk ke ruangan PAI yang dipimpin oleh Drs. H. Ahmad Hanafi,M.Si untuk melakukan pengamatan dan pengambilan gambar ruangan dengan memfoto ruangan yang nampak sempit dan banyak berkas guru-guru pendidikan agama islam tersebut. Tim juga melakukan hal yang sama di ruangan Kasi Pontren, Kasi Pendidikan Madrasah, Bimas Islam dan pengadministrasi Bimas Khatolik.






Saat di ruangan Bimas Islam petugas Cipta Karya memfoto lantai yang nampak terlihat retak panjang porselinnya. Demikian juga saat di ruangan pengadministrasi Bimas Khatolik terlihat lantainya miring  dan retak panjang yang menandakan adanya tiang pondasi yang rusak. Selanjutnya,  tim melakukan kegiatan yang sama di ruang aula kantor dan ruang pengawas madrasah yang posisinya berada dilantai atas. Di sini para petugas mendapatkan laporan dari pegawai Kemenag Kota Pontianak bahwa ruangan aula ini akan terasa goyang apabila sedang digunakan untuk kegiatan rapat atau pertemuan yang jumlah pesertanya lebih dari seratus orang.
 ( Gambar : Pengelola BMN ,Tusnadi sedang menunjukan rusak/retaknya lantai porselin di depan pintu  masuk ruangan Bimas Islam yg menunjukan adanya kerusakan dibagian pondasi yang tersembunyi)





( Gambar : Pengelola BMN ,Tusnadi sedang menunjukan rusak/retaknya lantai porselin dan miringnya lantai  di dalam ruangan Administrasi Bimas Khatolik yg menunjukan adanya kerusakan dibagian pondasi yang tersembunyi)




Ketika ditanya oleh petugas publikasi Kemenag Kota Pontianak berkaitan dengan kelayakan bagunan kantor berdasarkan hasil pengamatan dan pengukuran sementara, petugas Cipta Karya mengatakan sudah kurang layak terutama untuk pelayanan kepada masyarakat hal ini dikarenakan terlihat sempitnya ruangan – ruangan dengan banyak berkas-berkas di dalamnya serta tidak adanya ruangan tunggu dan tidak adanya ruangan arsip serta tempat parker kendaraan kurang memadai.

Pada kesempatan tersebut Kasubbag T.U Kemenag Kota Pontianak menyampaikan kepada tim tersebut  bahwa ada bagian-bagian dari tiang pondasi bagunan yang sudah keropos , dan dahulunya sudah pernah di foto namun saat ini sulit untuk melihatnya secara langsung karena telah ditutupi oleh  lantai dan dinding yang baru dari proses pelebaran bagian bagunan kantor.


 ( Gambar : Pengelola BMN ,Tusnadi sedang menunjukan keroposnya/putusnya sambungan tiang dibawah lantai aula kantor ,persisi di atas depan pintu  masuk ruangan Bimas Islam yg menunjukan adanya kerusakan dibagian pondasi yang tersembunyi)





Setelah melaksanakan tugasnya, ba’da dzuhur , tim pun mohon diri untuk pamit kembali ke kantor dan akan memproses hasil pengamatan dan pengukuran. Rencananya hasil dari pengamatan dan pengukuran tersebut nanti akan serahkan dan digunakan oleh Kemenag Kota Pontianak untuk data pendukung pengusulan pembangunan gedung kantor yang baru. Sehingga jika berhasil mendapatkan bagunan baru diharapkan lebih memadai untuk digunakan sebagai kantor tempat kerja, memadai untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat yang banyak jumlahnya dan memadai pula lahan parkir kendaraan roda empat dan maupun roda dua.(Admin)

0 Response to "Bangunan Kantor Kemenag Kota Pontianak Dalam Proses Uji Kelayakan"

Posting Komentar