KEMENAG PONTIANAK

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA PONTIANAK, JL. ZAINUDDIN NO.4 KOTA PONTIANAK

MAHASISWA PPL STAIN PRAKTEK MENGAJAR

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ



Praktik Pengalaman Lapangan atau PPL adalah semua kegiatan yang harus dilakukan oleh mahasiswa praktikan, sebagai pelatihan untuk menerapkan teori yang diperoleh dalam semester-semester sebelumnya, sesuai dengan persyaratan yang telah ditetapkan agar mereka memperoleh pengalaman dan keterampilan lapangan dalam penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran di sekolah atau di tempat latihan lainnya. Tujuannya adalah untuk membentuk mahasiswa praktikan agar menjadi calon mahasiswa kependidikan yang profesional, sesuai dengan prinsip-prinsip kependidikan berdasarkan kompetensi, yang meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, dan kompetensi sosial.
Selain menerapkan teori-teori yang didapatkan selama perkuliahan, mahasiswa praktikan juga akan mengasah keterampilan sebagai seorang calon tenaga kependidikan. Diharapkan setelah mekaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan ini mahasiswa memiliki seperangkat pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang dapat menunjang tercapainya penguasaan kompetensi.
Berkaitan dengan hal diatas , mahasiswa PPL dari STAIN Pontianak yaitu Arumania melaksankan kegiatan praktek mengajar. Arumania adalah mahasiswa STAIN Pontianak Semester VIII .Dalam melaksanakan praktek mengajar pada hari kamis tanggal 14 November 2013 di kelas tiga dengan jumlah siswa-siswi sebanyak 40 orang ,Arumania didampingi oleh Pamongnya yaitu Ibu Ainun Sa’adah , S.Pd.I . Adapun mata pelajarannya yang disampaikannya adalah Fiqih ; metode pembelajarannya berupa ceramah dan tanya jawab ; model pembelajarannya yaitu modeling the way . Adapun media yang digunakan dalam praktek mengajarnya , Arumania menggunakan Infocus .Sebagaimana informasi yang diperoleh dari Bapak H. Susbakti, S.Pd.I  Kepala MIN Bangka Belitung Pontianak diruang kerjanya yang beralamat di Jl. Paris H. Husein I Pontianak pada hari kamis 14 November 2013, yaitu bahwa mahasiswa STAIN yang melaksanakan kegiatan PPL berjumlah enam orang yang terdiri dari empat orang mahasiswa dari Jurusan PAI dan dua orang mahasiswa dari Jurusan Bahasa Arab. Adapun waktu PPL mahasiswa STAIN tersebut selama tiga bulan, dimulai dari bulan Agustus sampai dengan Desember, dengan tujuan yang ingin dicapai yaitu menciptakan tenaga guru yang professional.

0 Response to "MAHASISWA PPL STAIN PRAKTEK MENGAJAR"

Posting Komentar